Show simple item record

dc.contributor.authorTamba, Canro
dc.date.accessioned2019-07-11T02:59:26Z
dc.date.available2019-07-11T02:59:26Z
dc.date.issued2019-03-10
dc.identifier.urihttp://repository.uhn.ac.id/handle/123456789/2577
dc.description.abstractDalam kompetensi dasar bahasa indonesia kurikulum 2013, salah satu teks yang harus dikuasai oleh siswa.yaitu mampu menulis teks laporan hasil observasi. Teks hasil laporan hasil observasi merupakan teks yang berisi penjabaran umum untuk melaporkan berupa hasil dari pengamatan ( observasi ). Timbul satu masalah di lapangan yang menyebabkan tujuan pembelajaran tidak tercapai,salah satunya yaitu rendahnya kemampuan siswa dalam menulis. Trimantara (2005:2) menyatakan bahwa,pembelajaran menulis telah lama menjadi satu masalah itu saja dan tidak mengikuti guru tanpa dalam sistem pembelajaran bahasa indonesia Sianipar ( 2012 ; 2 ) juga mengutarakan bahwa penyebab rendah nya kemampuan menulis laporan pengamatan siswa yaitu karena ; (1) rendah nya penguasaan siswa terhadap materi akibat cara mengajar guru yang biasanya lebih banyak ceramah (2) Rendahnya penguasaan guru dalam pengelolaan pembelajaran dimana guru cenderung memakai materi yang itu saja dan tidak mengikuti perkembangan ilmu pengetahuan (3) fokus pembelajaran ada pada guru tanpa melalui aktivitas dan partisivasi siswa ; rendah nya motifasi belajar siswa; dan (4) Rendahnya kemampuan guru dalam pemilihan metode,strategi,dan media pembelajaran Salahsatu solusi yang baik untuk menangani masalah ini yaitu dengan memilih model pembelajaran yang tepat.Model pembelajaran yang tepat mampu mencapai tujuan pembelajaran yang di inginkan.salah satu model yang tepat dengan tuntutan kurikulum 2013 yaitu model pembelajara discovery.Menurut Cahyo (20013;101) menyatakan Discovery merupak-an salah satu model pembelajaran yang membantu siswa mengasimilasi suatu konsep atau prinsip misal nya mengamati, membuat dugaan menjelaskan dan membuat kesimpulan.” Model pembelajaran discovry Learning merupakan model pembelajaran yang sesuai dengan kurikulum 2013 yang menuntut siswa belajar secara saintifik dengan mengamati,membuat dugaan,menjelaaskan dan menyimpulkan. Oleh sebab itu,penulis akan mencoba melakukan penelitian terhadap kemampuan menulis teks laporan hasil observasi dengan menggunakan model pembelajaran discovery sebagai upaya untuk memperkenalkan model pembelajaran dalam menulis. Persfektif yang ditunjukkan oleh model pembelajaran discoveryyaitu mengarah pada keaktifan siswa dalam menemukan konsep pelajaran itu sendiri. Model pembelajaran discovery Learning menuntut siswa untuk berperan aktif yaitu dengan menemukan infarmasi sendiri. Hal ni serupa dengan pendapat cahyo (2013; 103) yang mengatakan bahwa.” Model pembelajaran discovery Learning megubah kondisi belajar yang pasif menjadi aktif dan kreatif.”en_US
dc.subjectPenerapan Model Pembelaj-aran Discoveryen_US
dc.subjectKemamapuan Menulis Teksen_US
dc.subjectLaporan Hasil Observasien_US
dc.titlePengaruh Penerapan Model Pembelaj-aran Discovery Terhadap Kemamapuan Menulis Teks Laporan Hasil Observasi Siswa Kelas VIII SMP Negeri 1 Palipi Kabupaten Samosir Tahun Pembelajaraan 2018/2019en_US


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record