dc.description.abstract | PT. Perkebunan Nusantara III (Persero) Medan merupakan salah satu Badan Usaha Milik Negara yang Kegiatan Utamanya adalah mengolah hasil perkebunan khususnya sawit dan karet, sehingga pembeli pupuk sangat diperlukan untuk menghasilkan tanaman yang baik dan berkualitas.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pelaksanaan prosedur pembelian pupuk pada PT. Perkebunan Nusantara III (Persero) Medan, fungsi akuntansi pembelian pupuk pada PT. Perkebunan Nusantara III (Persero) Medan, dan dokumen dan catatan yang digunakan dalam sistem pembelian pupuk pada PT. Perkebunan Nusantara III (Persero) Medan. Adapun masalah yang dihadapi yaitu “Bagaimana Penerapan Sistem Informasi Akuntansi Pembelian Pupuk pada PT. Perkebunan Nusantara III (Persero) Medan”.
Setelah dilakukan penelitian lapangan dan kepustakaan, maka diperoleh kesimpulan bahwa Sistem Informasi Akuntansi Pembelian Pupuk pada PT. Perkebunan Nusantara III (Persero) Medan sudah cukup baik. Dimana dalam pemilihan pemasok menggunakan sistem lelang untuk mendapatkan pilihan harga yang sesuai dengan yang ditetapkan perusahaan, fungsi yang terkait bertugas sesuai dengan tanggungjawabnya, dukumen dan catatan yang digunakan diperiksa terlebih dahulu oleh bagian-bagian yang terdahulu, dan prosedur dalam pembelian pupuk terarah dengan jelas yang dimulai dari permintaan pupuk dari masing-masing kebun.
Berdasarkan kesimpulan diatas, maka penulis memberikan saran kepada PT. Perkebunan Nusantara III (Persero) Medan yaitu dalam melakukan proses lelang sebaiknya dilakukan lebih transparan untuk memperkecil penyelewengan harga yang disetujui kepada pemasok, dan diharapkan dapat meng-update tentang sistem pembelian dengan harapan sistem informasi akuntansi pembelian bisa lebih akurat dan andal. | en_US |