PENGARUH STRATEGI PEMBELAJARAN BERORIENTASI AKTIVITAS SISWA (PBAS) TERHADAP PRESTASI BELAJAR SISWA KELAS XI SMA TELADAN PEMATANGSIANTAR
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengungkapkan pengaruh strategi pembelajaran berorientasi aktvitas siswa terhadap tingkat prestasi belajar siswa dalam pelajaran Akuntansi kelas XI SMA Teladan Pematangsiantar Tahun Pelajaran 2011/2012.
Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode eksperimen dan yang menjadi populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI SMA Teladan Pematangsiantar. Subjek penelitian adalah siswa kelas XI IS-2 sebagi kelompok eksperimen dan Kelas XI IS-3 sebagai kelompok kontrol yang berjumlah 72 orang. Instrumen yang digunakan adalah berupa hasil tes belajar siswa. Tes hasil belajar bertujuan untuk mengukur tingkat prestasi belajar siswa terhadap materi pelajaran.
Dari Hasil Penelitian dan pengujian hipotesis digunakan uji statistik uji “t” hasil perhitungan tersebut diperoleh > pada taraf = 0,05 dan = 0,01 dengan dk = = 36+36 -2 = 70 yakni ( 2,67 > 2,97 dan 2,38 > 2,65) dengan demikian H ditolak dan diterima. Dengan kata lain setelah eksperimen dilakukan ada perbedaan yang signifikan antara hasil belajar siswa dalam mata pelajaran Akuntansi yang diajar guru dengan menggunakan strategi Pembelajaran Berorientasi Aktivitas Siswa , dengan Strategi Pembelajaran Konvensional dalam proses belajar mengajar di kelas XI-IS SMA Teladan Pematangsiantar Tahun Pelajaran 2011/2012.
Collections
- LP - Report Research [230]