PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN THE LEARNINGCELL(SEL BELAJAR) TERHADAP KEMAMPUANMENULISARTIKEL ILMIAHOLEH SISWA KELAS XII SMA NEGERI 2PANGURURAN TAHUN AJARAN 2018/2019
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Pengaruh Penggunaan Model Pembelajaran The Learning Cell (Sel Belajar) Terhadap Kemampuan Menulis Artikel Ilmiah Pada Siswa Kelas XII SMA Negeri 2 Pangururan Tahun Ajaran 2018/2019.
Penelitian ini dilaksanakan di SMA Negeri 2 Pangururan tahun ajaran 2018/2019 yang terdiri dari 6 kelas dengan keseluruhan populasi kelas XII yaitu 208 siswa. Dari populasi tersebut ditetapkan sampel sebanyak 70 orang dengan total 2 kelas yang dipilih secara random sampling yaitu kelas XII MIA 2 dan XII MIA 3. Teknik pengumpulan data yang digunakan untuk mengukur hasil belajar siswa adalah berupa essay. Teknik analisis data yang digunakan yaitu uji Normalitas menggunakan uji F, uji Homogenitas dan uji Hipotesis menggunakan uji “t”.
Hipotesis dalam penelitian ini diuji dengan uji “t” pada taraf signifikan α = 0,05. Dari data perhitungan thitung> ttabel = 6,2889>1,697. Dengan demikian hopotesis nihil (H0) ditolak dan hipotesis alternative (Ha) diterima. Dengan demikian dapat dinyatakan bahwa model The Learning Cell (sel belajar) berpengaruh terhadap kemampuan menulis artikel ilmiah kelas XII SMA Negeri 2 Pangururan tahun ajaran 2018/2019.