Pengaruh Media Internet Terhadap Minat Belajar Dan Kreativitas Belajar Siswa Kelas X Di SMA Negeri 2 PERCUT SEI TUAN Tahun Ajaran 2018/2019
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh media internet terhadap minat belajar dan kreativitas belajar siswa kelas X di SMA Negeri 2 Percut Sei Tuan. Populasi dalam penelitian ini 180 siswa, teknik pengambilan sampel yang digunakan Random Sampling sehingga diperoleh sampel sebanyak 90 siswa. Pengumpulan data dilakukan dengan observasi, dokumentasi dan angket. Validitas instrument angket dilakukan dengan analisis butir dengan menggunakan rumus korelasi Product Moment dan uji reliabilitas menggunakan rumus Alpha Cronbach.
Pengujian hipotesis dengan analisis regresi sederhana dari variable Media Internet (X1) terhadap Minat belajar (Y1) diperoleh Y1 = a + bX atau 10,554 + 0,693. Artinya jika bahwa jika tidak ada minat belajar, maka media internet akan tetap sebesar 10,554. Koefesien regresi X sebesar 0,693menyatakan bahwa setiap penambahan minat belajar, maka nilai media internet akan bertambah sebesar 0,693. Kemudian variable Media Internet (X1) terhadap Kreativitas belajar (Y2) diperoleh Y2 = a + bX atau 31,012 + 0,520. Artinya bahwa jika tidak ada kreativitas belajar, maka media internet akan tetap sebesar 31,012. Koefesien regresi X sebesar 0,520 menyatakan bahwa setiap penambahan kreativitas belajar, maka nilai media internet akan bertambah sebesar 0,520.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Ada Pengaruh Positif Media Internet terhadap Minat Belajar siswa kelas X di SMA Negeri 2 Percut Sei Tuan Tahun Ajaran 2018/2019 diperoleh thitung > ttabel (8,547>1,662), berarti media internet sangat berpengaruh terhadap minat belajar. (2) Ada Pengaruh Positif Media Internet terhadap Kreativitas Belajar siswa kelas X di SMA Negeri 2 Percut Sei Tuan Tahun Ajaran 2018/2019 diperoleh thitung>ttabel (4,085>1,662), berarti media internet memiliki pengaruh terhadap kreativitas belajar.
Collections
- Pendidikan Ekonomi [277]