Penerapan Kolaborasi Model Pembelajaran Jigsaw Dan Talking Stick Dalam Upaya Meningkatkan Aktivitas Hasil Belajar Akuntansi Siswa Kelas XI-IPS Di SMA Perguruan Kristen Hosana Medan T.A 2018/2019.
Abstract
Penerapan Kolaborasi Model Pembelajaran Jigsaw Dan Talking Stick Dalam Upaya Meningkatkan Aktivitas Hasil Belajar Akuntansi Siswa Kelas XI-IPS Di SMA Perguruan Kristen Hosana Medan T.A 2018/2019. Permasalahan dalam penelitian ini adalah panggung kegiatan belajar dan hasil belajar siswa pada mata pelajaran akuntansi. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui peningkatan aktivitas belajar siswa melalui penerapan model pembelajaran kolaboratif Jigsaw dan Talking Stick di kelas XI-IPS di SMA Perguruan Kristen Hosana Medan Tahun Ajaran 2018/2019. Penelitian ini dilakukan di SMA Perguruan Kristen Hosana Medan pada genap tahun akademik 2018/2019 dengan subjek penelitian ini adalah siswa kelas XI-IPS sebanyak 24 siswa. Penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilakukan dalam setiap siklus terdiri dari 4 tahap yaitu perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Teknik pengumpulan data menggunakan tes untuk melihat hasil akuntansi siswa dan untuk melihat aktivitas belajar siswa menggunakan lembar observasi. Sedangkan teknik analisis data adalah kuantitatif dan kualititatif. Berdasarkan hasil analisis lembar observasi aktivitas siswa dengan indikator yang ditetapkan, pada siklus I ada siswa yang aktif dan sangat aktif 13 orang (54.16%). Sedangkan pada siklus II terjadi peningkatan jumlah siswa aktif dan sangat aktif sekitar 20 orang (83.33%). Peningkatan dari siklus pertama ke siklus kedua adalah 34.17% tentang adanya kepercayaan diri, pikiran yang kuat dan rasa ingin tahu dalam mengekspresikan pendapat. Persentase hasil belajar pada siklus I diperoleh data dari 24 siswa ada 15 siswa tuntas (62.50%) dan pada siklus II diperoleh data dari 24 siswa ada 21 siswa tuntas (87.50%). Sehingga dapat dilihat bahwa peningkatan hasil belajar akuntansi dari siklus II adalah 25% telah menyelesaikan Kriteria Kelengkapan Minimum (KKM) > 70% sangat baik. Dapat disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran Jigsaw dan Talking Stick dapat meningkatkan aktivitas dan hasil akuntansi siswa pada kompetensi dasar penyusunan laporan keuangan perusahaan jasa di kelas XI SMA Perguruan Kristen Hosana Medan Tahun Ajaran 2018/2019 Tahun Akademik.
Collections
- Pendidikan Ekonomi [277]