dc.description.abstract | Permasalahan dalam penelitian ini adalah rendahnya prestasi belajar siswa serta kurang dan tidak baiknya fasilitas belajar juga motivasi belajar siswa. Penelitian ini bertujuan mengetahui pengaruh fasilitas belajar dan motivasi belajar terhadap prestasi belajar siswa di kelas X SMA Swasta Katolik Tri Sakti Medan T.A 2018/2019.
Penelitian dilaksanakan di SMA Swasta Katolik Tri Sakti Medan T.A 2018/2019 Medan. Pada semester Genap T.A 2018/2019 di kelas X SMA Swasta Katolik Tri Sakti Medan T.A 2018/2019. Dengan populasi 120 yang di ambil sampel 60 secara proportional sampling. Penelitian dilaksanakan menggunakan instrumen angket tertutup sebanyak 38 butir soal, yang sebelumnya telah di uji cobakan untuk mengetahui validitas.
Berdasarkan hasil penelitian di peroleh r square 77,6%. Uji t untuk variabel X1 3,481 dan untuk variabel X2 sebesar 3,048 artinya (3,481>1,6715) untuk variabel X1 dan untuk variabel X2 (3,048>1,6715) dengan signifikansi (0,000<0,05). Berdasarkan uji simultan diperoleh fhitung > ftabel (98,500>3,158) dan nilai signifikansi (0,000 <0,05) artinya ada pengaruh yang positif dan signifikan antara fasilitas belajar (X1 ) dan motivasi belajar (X2 ) terhadap prestasi belajar (Y) kelas X SMA Swasta Katolik Tri Sakti Medan T.A 2018/2019 dan artinya bahwa hipotesis pertama, kedua dan ketiga diterima. | en_US |