Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas XI-IIS DI SMA PARULIAN 1 MEDAN PADA MATA PELAJARAN EKONOMI T.A. 2018/2019
Abstract
Penelitian ini dilaksanakan di SMA SWASTA PARULIAN 1 MEDAN dengan subjek penelitian siswa kelas XI-IIS Model penelitian yang dilakukan adalah model Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Instrumen pengumpulan data yang digunakan adalah test hasil belajar berbentuk essai test untuk mengukur kemampuan belajar siswa dalam mencapai ketuntasan belajar. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah model pembelajaran Problem Based Learning dapat meningkatkan hasil belajar Ekonomi pada materi APBN di kelas XI-IIS SMA SWASTA PARUIAN 1 Medan.
Dari hasil pretest sebagai test awal diperoleh rata-rata hasil belajar 62,24 dengan tingkat ketuntasan belajar 31,03 %. Kemudian hasil post test pada siklus I diperoleh rata-rata hasil belajar menjadi 79,31 dengan tingkat ketuntasan belajar 82,75%. Dalam hal ini pencapaian ketuntasan hasil belajar pada siklus I sudah mencapai standart yang telah ditetapkan yaitu sebesar 75 % berdasarkan ketuntasan belajar klasikal.hal inilah yang mendasari bahwa penelitian tindakan kelas ini tidak dilanjut ke tahap selanjutnya dikarenakan sudad memenuhi ketuntasan belajar dengan rata-rata hasil belajar 79,31 dengan % ketuntasan beajarnya mencapai 82,75%
Berdasarkan hal ini dapat disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran Problem Based Learning dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran ekonomi materi ajar APBN di kelas XI-IIS di SMA SWASTA PARULIAN 1 Medan.
Collections
- Pendidikan Ekonomi [277]