Efektivitas Model Accelerated Learning (Pemercepatan Belajar ) Terhadap Kemampuan Menulis Resensi Oleh SiswaKelas XI SMA Negeri 10 Medan Tahun Pembelajaran 2018/2019
Abstract
PenelitianinibertujuanuntukmengetahuiEfektivitas Model Accelerated Learning Terhadap Kemampuan Menulis Resensi Siswa Kelas XI SMA Negeri 10 Medan Tahun Pembelajaran 2018/2019.
Penelitianini dilaksanakan di SMA Negeri10Medan tahunajaran 2018/2019 yang terdiridari 6 kelas dengan keseluruhan populasikelas XIyaitu186siswa. Dari populasitersebut ditetapkansampelsebanyak64siswadengan total duakelas yang dipilihsecaracluster samplingyaitukelas XI MIA 1 dan XI MIA 3. Teknikpengumpulan data yang digunakanuntukmengukurhasilbelajarsiswaadalahberupa tes penugasan.Teknikanalisis data yang digunakanyaituuji Normalitas menggunakanuji F, ujiHomogenitasdanuji Hipotesismenggunakanuji “t”.
Hipotesisdalampenelitian ini diuji dengan uji “t” pada taraf signifikan ∝ = 0,05. Dari gata perhitungan thitung>ttabel= 4,9832 >1,9993. Dengan demikian hipotesis nihil (Ho) ditolak dan hipotesis alternative (Ha) diterima. Dengan demikian, dapat dinyatakan bahwa model Accelerated Learningefektif digunakan terhadap menulis resensi novel kelas XI SMA Negeri 10 Medan Tahun Ajaran 2018/2019.