Strategi Pembelajaran Analisa Musik untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Mahasiswa di PS Seni Musik FBS UHN Tahun 2017/2018
Abstract
RINGKASAN
Penelitian ini berjudul Strategi Pembelajaran Analisa Musik Untuk Peningkatan Motivasi Belajar Mahasiswa di Program Studi Seni Musik FBS UHN Tahun 2017/2018. Metode dasar yang akan diterapkan di dalam penelitian ini adalah metode deskriptif. Selain itu metode pendekatan yang dilakukan metode Ada beberapa metode yang diterapkan di dalam pengumpulan data, yaitu: (1) metode wawancara, (2) metode observasi, (3) metode kepustakaan sehingga ditemukan dan dihasilkan strategi pembelajaran dalam memberikan pemahaman yang jelas mengenai Strategi Pembelajaran Analisa Musik untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Mahasiswa di PS Seni Musik FBS UHN Tahun 2017/2018. Melalui model pembelajaran Problem based learning (PBL) dan discovery based learning dinilai cukup berhasil dalam perkuliahan Analisa Musik I. Melalui ke dua model tersebut dalam kegiatan pembelajaran dinilai cukup berhasil. Indikator keberhasilan dapat dilihat dan dievaluasi melalui strategi pembelajaran mengamati, menanya, mengasosiasi, dan mengumpulkan informasi serta mengomunikasi yang dilakukan oleh mahasiswa dalam perkuliahan. Selain itu, evaluasi dilakukan melalui test tertulis, tugas-tugas, ujian mid semeter dan ujian akhir semester.
Kata Kunci: Strategi, Pembelajaran, Analisa, Problem Based Learning, Discovery Based Learning
Collections
- Bahasa dan Seni [1]