MODEL PEMBELAJARAN SAINS BERBASIS PROSES KREATIF-INKUIRI UNTUK MENINGKATKAN BERPIKIR KREATIF DAN PEMAHAMAN KONSEP SISWA SMP
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengembangakan dan mendeskripsikan karakteristik model pembelajaran
sains berbasis proses kreatif-inkuiri untuk meningkatkan pemahaman dan berpikir kreatif siswa di SMPN.
Model pembelajaran menggunakan model Borg & Gall dengan One-Group Pretest Posttest Design.
Pengumpulan data menggunakan metode validasi, observasi, tes, dan angket. Teknik analisis data
menggunakan analisis deskriptif kuantitatif, kualitatif, uji statistik non-parametrik. Hasil penelitian adalah:
1) perangkat pembelajaran berkategori tinggi, 2) perangkat pembelajaran ditinjau dari pelaksaan RPP
berkategori tinggi, 3) keefektifan perangkat pembelajaran dilihat dari peningkatan hasil belajar siswa dan
kemampuan berpikir kreatif siswa melalui N-gain berkategori tinggi. Hasil dari analisa uji statistik nonparametrik
adalah tidak terdapat perbedaan dan peningkatan dari kemampuan berpikir kreatif siswa di
SMPN Pematangsiantar. Respon siswa terhadap pelaksanaan perangkat pembelajaran sangat positif.
Kesimpulannya adalah perangkat pembelajaran sains berbasis proses kreatif-inkuiri adalah valid, praktis,
dan efektif di SMPN Pematangsiantar.