TINGKAT KEBERHASILAN PROGRAM GURU PEMBELAJAR (GP) UNTUK GURU SD DI SUMATERA UTARA TAHUN 2016
Abstract
Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif dengan tujuan untuk melihat tingkat keberhasilan program Guru Pembelajar (GP) khusunya dalam moda daring murni tahun 2016. Subjek penelitian ini adalah narasumber, panitia pelaksana, instruktur dan para guru yang ikut program moda daring dalam program Gruru pembelajar. Metode penelitan ini dilakukan melalui pegamatan dan pengisian angket dari setiap perwakilan narasumber, panitia pelaksana, instruktur dan para guru yang terdiri dari 20 orang dari setiap perwakilan. Adapun penilaian tingkat keberhasilan ini meliputi pelaksanaan pelatihan narasumber, pelatihan instruktur serta pelaksanaan program moda daring. Sebulum instrument di bagikan kepada responden terlebih dahulu dilakukan uji validitas test dan Reliabilitas. Setelah dilakukakan pengmumpulan data dari responden didapatkan hasil sebagai berikut : Palaksanaan dalam pelatihan dapat dikategorikan berhasil dengan baik terlihat dari tingkat pencapaian peserta (calon narasumber) yang memperoleh postest rata rata 79 dan juga tingkat keaktifan perserta dalam mengikuti pelatihan. Pelaksanaan dalam pelatihan instruktur dapat dikategorikan juga berhasil dengan baik terlihat dari tingkat pencapaian peserta (calon instruktur) yang memperoleh postest rata rata 75, namun tingkat kehadiran dan keaktifat peserta masih kurang.Pelaksanaan moda daring dapat dikatakan kurang terlaksana dengan baik disebabkan keaktifan dari guru pembelajar sangat rendah yaitu 68,8 bahkan tingkat kehadirann guru masuk moda daring hanya 50 %.. Dari pertimbangan data di atas berdasarkan perumusan yang telah ditetapkan maka tingkat keberhasilan program guru pembelajar pada tahun 2016 adalah 61,3973 dalam kategori cukup.