PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KUMON TERHADAP HASIL BELAJAR AKUNTANSI SISWA KELAS XI DI SMK NEGERI 1 PEMATANGSIANTAR TAHUN AJARAN 2015/2016
Abstract
Masalah dalam penelitian ini adalah tentang pengaruh model pembelajaran Kumon terhadap hasil belajar akuntansi siswa kelas XI di SMK Negeri 1 Pematangsiantar Tahun ajaran 2015/2016. Berdasarkan masalah di atas, maka tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran Kumon terhadap hasil belajar akuntansi siswa kelas XI di SMK Negeri 1 Pematangsiantar Tahun Ajaran 2015/2016. Penelitian ini menggunakan observasi dan tes sebagai alat pengumpulan data. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode eksperimen. Sebagai subjek penelitian adalah siswa kelas XI AK 2 sebagai kelas eksperimen yang terdiri dari 38 siswa dan kelas XI AK 3 Sebagai kelas kontrol yang terdiri dari 38 siswa. Dalam pengujian hipotesis digunakan uji statistic uji “t” hasil perhitungan tersebut diperoleh thitung> t table pada taraf α = 0,05 dengan dk=(n1 +n2 -2)=38+38-2=74 yakni (8,46> 2,00) dengan demikian dapat disimpulkan bahwa penelitian ini menerima H1 dan menolak H0. Sehingga dapat dinyatakan bahwa model pembelajaran Kumon mempunyai pengaruh terhadap hasil belajar akuntansi siswa.
Collections
- LP - Report Research [230]