Pengaruh Kepemimpinan dan Kedisiplinan Terhadap Kinerja Guru dengan Motivasi sebagai Variabel Mediasi (Studi Kasus di SD Negeri Pematangsiantar Rayon Siantar Timur)
Abstract
Penelitian inl dilakukan bertujuan untuk mengetahui pengaruh kepemimpinan dan kedisiplinan dengan motivasl sebagai variabel mediasi di SD Negeri Pematangsiantar rayon Siantar Timur. Populasi obiek penelitian ini adalah guru-guru SD Negeri Pematangsiantar Rayon Siantar Timur yang berjumlah 70 orang dan juga merupakan sampel dalam penelitian ini. Dengan model persamaan regresi Y = -6,360 + 0,536X, + 0,308X, + 0,382Z, diketahui bahwa kepemimpinan, kedisiplinan dan motivasi berpengaruh positif terhadap kinerja guru di SD Negeri Pematangsiantar Rayon Siantar Timur.
Secara parsial kepemimpinan, kedisiplinan, dan motivasi mempunyai pengaruh yang positif dan signifikan terhadap kinerja guru. Demikian juga dengan secara menyeluruh kepemimpinan dan kedisiplinan dengan motivasi sebagai variabel mediasi berpengaruh positif dan signifikan terhadap kinerja guru di SD Negeri Pematanqsiantar Rayon Siantar Timur. Dengan demikian untuk meningkatkan kinerja guru di SD Negeri Pematangsiantar Rayon Siantar Timur maka kepemimpinan kepala sekolah, kedisiplinan dan motivasi guru harus dapat ditingkatkan juga karena ketiga hal tersebut juga sangat mempengaruhi kinerja guru. Sehingga tercipta sekolah yang lebih baik lagi karena ditunjang oleh kepemimpinan. kedisiplinan, motivasi dan kinerja guru yang baik.