PENGEMBANGAN BAHAN AJAR AKUNTANSI BERBASIS COLLABORATIVE LEARNING DENGAN MUATAN IFRS KELAS XI IPS DI SMA NEGERI SEKOTA PEMATANGSIANTAR
Abstract
Bahan ajar merupakan bagian penting dalam pelaksanaan pendidikan di sekolah. Guru dituntut kreativitasnya untuk membuat bahan ajar yang inovatif, kreatif, dan sesuai dengan kebutuhan siswa agar proses pembelajaran menjadi menarik dan menyenangkan. Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan produk buku akuntansi bermuatan International Financial Report Standar (IFRS) sebagai bahan ajar akuntansi pada tingkat Sekolah Menengah Atas (SMA) dan mengetahui kelayakan buku akuntansi bermuatan IFRS sebagai bahan ajar akuntansi. Metode pengembangan yang digunakan dalam penelitian pengembangan ini adalah model pengembangan 4D oleh Thiagarajan yang telah dimodifikasi.
Tahap yang dilakukan adalah tahap pendefinisian (define), tahap perancangan (design), tahap pengembangan (develop), tahap penyebaran (disseminate) tidak dilakukan karena penelitian pengembangan ini hanya dilakukan sampai pada tahap pengembangan (develop). Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis deskriptif kualitatif dan analisis kuantitatif. Hasil dalam penelitian ini berupa sebuah produk buku akuntansi bermuatan IFRS sebagai bahan ajar akuntansi kelas XI IPS SMA Negeri Se-Kota Pematangsiantar. Hasil perhitungan memperoleh skor persentase 79% dari ahli materi, 80% dari ahli bahasa, dan 90% dari hasil uji coba terbatas. Sehingga secara keseluruhan didapatkan skor persentase sebesar 84,25% dan dapat disimpulkan bahwa buku akuntansi bermuatan IFRS sebagai bahan ajar akuntansi sangat layak digunakan di kelas XI IPS SMA Negeri Se-Kota Pematangsiantar.