• Login
    View Item 
    •   Home
    • Lecture Papers
    • LP - Report Research
    • View Item
    •   Home
    • Lecture Papers
    • LP - Report Research
    • View Item
    JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

    PENERAPAN METODE PEMBELAJARAN BRAINSTORMING DALAM MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR AKUNTANSI SISWA KELAS XI SMK SWASTA TELADAN TANAH JAWA TAHUN PELAJARAN 2013/2014

    Thumbnail
    View/Open
    ARTIKEL PENERAPAN BRAINSTORMING.pdf (593.4Kb)
    Date
    2013-11-30
    Author
    SIJABAT, OSCO PARMONANGAN
    Metadata
    Show full item record
    Abstract
    Permasalahan dalam penelitian ini adalah “Rendahnya aktivitas dan hasil belajar siswa pada mata pelajaran akuntansi”. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui sejauhmana penerapan metode pembelajaran Brainstorming dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar akuntansi siswa kelas XI di SMK Swasta Teladan Tanah Jawa. Penelitian ini dilaksanakan di SMK Swasta Teladan Tanah Jawa. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas XI di SMK Swasta Teladan Tanah Jawa yang berjumlah 36 orang. Tehnik pengumpulan data yang digunakan adalah tes hasil belajar berbentuk esai buatan guru serta lembar observasi untuk merekam peningkatan aktivitas belajar siswa selama proses belajar mengajar berlangsung. Tehnik analisis data yang digunakan adalah reduksi data, penyajian data dan menarik kesimpulan. Dari data hasil observasi aktivitas belajar yang dilakukan menunjukkan adanya peningkatan aktivitas belajar siswa dari siklus I ke siklus II. Pada saat siklus I terdapat10 orang (27,78%) siswa yang baik aktivitasnya untuk belajar. Dan pada siklus II aktivitas siswa mengalami peningkatan yang lebih baik menjadi 28 orang (77,78%) siswa yang aktivitas tinggi untuk belajar. Hal ini mengalami peningkatan sekitar 50% dari siklus I. Dari analisis data hasil belajar siswa diperoleh data tes sebelum penerapan dengan skor rata- rata 63,89, sedangkan pada saat tes siklus I skor rata-rata siswa menjadi 75,14 atau terjadi peningkatan sekitar 11,25 poin. Dan pada tes siklus II skor rata-rata siswa menjadi 83,75 atau mengalami peningkatan sekitar 8,61 poin dari siklus I. Dapat disimpulkan bahwa Penerapan Metode Pembelajaran Brainstorming Dapat Meningkatkan Aktivitas dan Hasil Belajar Akuntansi pada kompetensi dasar mengelola administrasi kas dan bank pada siswa Kelas XI di SMK Swasta Teladan Tanah Jawa Tahun Pelajaran 2013/2014. Hal ini berarti bahwa model pembelajaran Brainstorming dapat digunakan sebagai alternatif dalam pembelajaran akuntansi.
    URI
    http://repository.uhn.ac.id/handle/123456789/2157
    Collections
    • LP - Report Research [230]

    Repository UHN copyright © 2018  UHN-OFFICIAL
    Contact Us | Send Feedback
     

     

    Browse

    All of Repository UHNCommunities & CollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

    My Account

    LoginRegister

    Repository UHN copyright © 2018  UHN-OFFICIAL
    Contact Us | Send Feedback