dc.description.abstract | Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui Pengaruh Model Pembelajaran AIR (auditory, Intellectually, and Repetition) Terhadap Kemampuan Menulis Teks Eksposisi Siswa Kelas X SMA Negeri 1 Silau Kahean Kabupaten Simalungun Tahun Pembelajaran 2018/2019 yang terdiri dari 3 kelas dengan jumlah siswa 109 orang. Dari populasi tersebut ditetapkan sampel sebanyak 36 orang dengan kelas yang akan dipilih mengunakan teknik cluster random sampling.
Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah one group pretest-posttest design. Dengan masalah dan tujuan penelitian untuk mengetahui kemampuan menulis teks eksposisi. Untuk memperoleh data, instrumen yang digunakan adalah tes penugasan. Untuk melihat pengaruh Model Pembelajaran AIR (auditory, Intellectually, and Repetition) terhadap kemampuan menulis teks eksposisi akan diuji dengan menggunkan uji “t”
Hasil kemampuan menulis teks eksposisi siswa kelas X SMA Negeri 1 Silau Kahean Kabupaten Simalungun tahun pembelajaran 2018/2019 sebelum menggunakan pembelajaran model AIR (Auditory,Inttellectually and Repetition) menunjukan bahwa nilai rata-rata siswa adalah 56,27 (rendah/kurang) dan standar devisiasi 70,25. Nilai tertinggi siswa adalah 77 dan nilai terendah siswa adalah 45.
Hasil kemampuan menulis teks eksposisi siswa kelas X SMA Negeri 1 Silau Kahean Kabupaten Simalungun tahun pembelajaran 2018/2019 setelah menggunakan pembelajaran model AIR ( Auditory,Inttellectually and Repetition) menunjukan bahwa nilai rata-rata siswa adalah 80,22 (baik) dan standar devisiasi 9,43. Nilai tertinggi siswa adalah 92 dan nilai terendah siswa adalah 50.
Dari analisis data dengan menggunkan uji-t diperoleh thitung = 55.931 jika dibandingkan dengan harga ttabel pada taraf signifikan 0.05 sebesar 1.66691 menunjukan thitung > ttabel (55.931> 1.6669), hal tersebut menunjukkan bahwa Ha diterima. Jadi model pembelajaran (Auditory,Intellectually and Repetition) dapat mempengaruhi siswa kelas X SMA Negeri 1 Silau Kahean Kabupaten Simalungun dalam menulis teks eksposisi | en_US |