Pengaruh Model Problem Based Learning Terhadap Kemampuan Menulis Teks Prosedur Kelas VII SMP Negeri 2 Lubuk Pakam Tahun Pembelajaran 2018/2019
dc.contributor.author | Hasugian, Wita Audina | |
dc.date.accessioned | 2018-12-18T03:07:08Z | |
dc.date.available | 2018-12-18T03:07:08Z | |
dc.date.issued | 2018-10-08 | |
dc.identifier.uri | http://repository.uhn.ac.id/handle/123456789/2031 | |
dc.description.abstract | Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Pengaruh Model Problem Based Learning Terhadap Kemampuan Menulis Teks Prosedur Kelas VII SMP Negeri 2 Lubuk Pakam Tahun Pembelajaran 2018/2019. Jumlah populasi sebanyak 32 siswa dan seluruh populasi dijadikan sampel penelitian. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa/siswi kelas VII SMP Negeri 2 Lubuk Pakam Tahun Pemelajaran 2018/2019 yang terdiri dari 9 kelas yang berjumlah 288 orang. Dari populasi tersebut ditetapkan sampel sebanyak 32 orang yakni kelasVII.5 yang dipilih secara rondom smpling. Dengan Design eksprerimen yang digunakan adlah one group pretest-posttest design. Untuk memperoleh data yang diperlukan digunakan tes penugasan menulis teks prosedur. Dari analisa data diperoleh hasil pretest siswa seelum mengunakan model prolem based learning menjukan bahwa nilai rata-rata siswa seesar 59.37 sedangkan posttest siswa setelah mengunakan model prolem based learning menunjukan bahwa nilai rata-rata siswa sebesar 86.25. Hasil uji hipotesis dengan uji-t diperoleh harga thitung = 14.52 sedangkan nilai ttabel pada taraf signifikan α = 0.05 adalah 14.52. Oleh sebab itu diperoleh thitung>ttabel (14.52>2.38) maka hipotesis alternative (Ha) diterima hipotesis (Ho) ditolak. Berdasarkan hasil penelitian maka dapat disimpulkan bahwa menggunakan model problem based learning dapat meningkatkan hasil belajar siswa dalam menulis teks prosedur. | en_US |
dc.subject | Model Prolem Based Learning, | en_US |
dc.subject | Menulis Teks Prosedur | en_US |
dc.title | Pengaruh Model Problem Based Learning Terhadap Kemampuan Menulis Teks Prosedur Kelas VII SMP Negeri 2 Lubuk Pakam Tahun Pembelajaran 2018/2019 | en_US |