dc.description.abstract | Penelitian ini bertujuan untuk mengetahuiPerbedaan Hasil Belajar antara Pemberian Tugas Kooperatif dan Tugas Individu pada Pelajaran IPS Terpadu di Kelas IX SMP Swasta Mulia Pratama Medan Tahun Ajaran 2018/2019.
Penelitian dilaksanakan di SMP Swasta Mulia Pratama Medan pada tahun pembelajaran 2018/2019 dengan jumlah populasi 120 siswa. Sampel dalam penelitian ini diambil dengan Purposive Sampling yang terdiri dari kelas eksperimen I 30 siswa dan kelas eksperimen II 30 siswa. Teknik pengumpulan data yang digunakan untuk mengukur perbedaan hasil belajar siswa berupa pilihan ganda. Teknik analisis data yang digunakan yaitu uji normalitas menggunakan uji-f dan uji hipotesis menggunakan uji-t.
Hasil analisis data diperoleh nilai rata-rata siswa kelas eksperimen I = 71 dengan SD = 23,61 dan nilai rata-rata siswa kelas kontrol = 55 dengan SD = 17,76. Hipotesis dalam penelitian ini di uji dengan uji-t pada taraf signifikan ( taraf kepercayaan ) α = 0,05. Dari data perhitungan hipotesis diperoleh t_hitung= 2,96 dan t_tabel= 1,67 . t_hitung>t_tabel yaitu 2,96> 1,67 dengan kata lain H_a diterima.
Dapat disimpulkan bahwa ada Perbedaan Hasil Belajar antara Pemberian Tugas Kooperatif dan Tugas Individu pada Pelajaran IPS Terpadu di Kelas IX SMP Swasta Mulia Pratama Medan Tahun Ajaran | en_US |