dc.description.abstract | Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran advance organizer terhadaphasil belajar siswa padamateripokok Besaran dan Pengukuran di SMA Negeri 8 MedanProvinsi Sumatera Utara Tahun Pelajaran 2018/2019.
Jenis penelitian ini adalahpretest-postest control group design.Populasi penelitian adalahseluruh kelas X SMANegeri 8 Medan terdiridari 11 kelasdenganjumlah 396siswa.Pengambilansampeldilakukansecaraacak (cluster random sampling), sehinggadiperolehkelas X MIA 1sebagaikelaseksperimen yang terdiridari 36siswadankelas X MIA 2sebagaikelaskontrol (pembanding) yang terdiridari 36siswa. Instrument yang digunakanadalahberupateshasilbelajarsebanyak 20 item denganbentukpilihanberganda yang telahdivalidkanoleh 2 validator ahli.
Hasilujipretespadaawalpenelitiandiperoleh nilai rata-rata pretes kelas eksperimen 31,11 denganstandardeviasi 9,72. Padakelaskontroldidapat rata-rata sebesar 41,39denganstandardeviasi 11,81. PadaujinormalitastiapkelasdiperolehLtabel = 0,1476untukkelaseksperimenLhitung = 0,1288untukkelaskontrolLhitung = 0,1301, sehinggaLhitung<Ltabel, maka data tiapkelasberdistribusi normal. PadaujihomogenitasdiperolehFhitung = 1,476danFtabel = 1,768, sehinggaFhitung<Ftabel, makasampelhomogen. Dari ujutdiperolehthitung= -4,310danttabel = 1,976, sehinggathitung<ttabelyang berarti H0diterima. Kemudiandiberikanperlakuanpadakelaseksperimendengan model pembelajaran advance organizer, sedangkankelaskontroldenganpembelajaranlangsung. Setelahpembelajaranselesai, diberikanpostesdandiperolehrata-rata kelaseksperimen 76,81denganstandardeviasi 11,84 dankelaskontrol 70,69 denganstandardeviasi 10,36. Dari ujitdiperolehthitung = 2,508danttabel = 1,668, sehinggathitung>ttabelyang berarti Haditerima, dengandemikianadapengaruhdari model pembelajaran advance organizer terhadaphasilbelajarsiswa di SMA Negeri 8 Medan Provinsi Sumatera Utara T.A. 2018/2019. Hal inidapatdilihatdaripersentasepeningkatanhasilbelajarsiswasebesar 8,56 % | en_US |