dc.description.abstract | Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran Discovery Learning terhadap hasil belajar siswa pada materi kalor kelas VII SMP Negeri 2 Sei Rampah T.P 2017/2018.
Jenis penelitian ini adalah true eksperimen dengan populasi penelitian yaitu seluruh siswa kelas VII semester II SMP Negeri 2 Sei Rampah T.P. 2017/2018. Dengan teknik simple random sampling, diperoleh sampel penelitian yaitu kelas VII-3 sebagai kelas kontrol dan kelas VII-1 sebagai kelas eksperimen. Instrumen penelitian yang digunakan adalah tes hasil belajar siswa dengan bentuk pilihan berganda yang telah dilakukan uji validasi instrumen serta lembar observasi keterampilan proses siswa.
Hasil uji pretes pada awal penelitian diproleh nilai rata-rata pretes kelas eksperimen 46,7 dengan standar deviasi 7,31. Pada kelas kontrol didapat rata-rata sebesar 48,1 dengan standar deviasi 7,48 Setelah dilakukan perlakuan yang berbeda, diperoleh nilai rata-rata postes kelas eksperimen 75,7 dengan standar deviasi 9,32 dan nilai rata-rata postes kelas kontrol 63,8 dengan standar deviasi 7,63. Hasil uji prasyarat data postes menyatakan sampel terdistribusi normal dan homogen. Selanjutnya dilakukan uji t satu pihak (α = 0,05) dari hasil perhitungan diperoleh thitung = 5,282 > ttabel = 1,674. Dari hasil penelitian, dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran Discovery Learning dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada materi kalor di kelas VII Semester II SMP Negeri 2 Sei Rampah T.P. 2017/2018. Hal ini dapat dilihat dari persentase peningkatan hasil belajar siswa sebesar 18,68 % . | en_US |