dc.description.abstract | Permasalahan yang teridentifikasi adalah keterampilan mengajar guru masih kurang, siswa kesulitan memahami materi pembelajaran IPS Terpadu, ketidakdisiplin siswa dan prestasi siswa yang rendah. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh keterampilan mengajar guru dan disiplin belajar siswa terhadap prestasi belajar pada mata pelajaran IPS Terpadu di SMP Negeri 2 Percut Sei Tuan T.A 2018/2019. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII. Sampel diambil dengan menggunakan teknik Proporsinal Random Simpel. dimana 68 responden yang mengisi instrument penelitian. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis regresi linear berganda melalui aplikasi SPSS (Statistical Package for the Social Sciences) 24. Hasil analisis data menunjukkan bahwa keterampilan mengajar guru berpengaruh secara signifikan terhadap prestasi belajar siswa dimana nilai thitung> ttabel. (2,667 >1,668) selanjutnya, ditemukan juga disiplin belajar siswa berpengaruh secara signifikan terhadap prestasi belajar siswa dimana thitung >ttabel (4,320 >1,668). selain itu, hasil analisis menggunakan uji F menunjukkan bahwa variabel keterampilan mengajar guru dan disiplin belajar siswa berpengaruh signifikan terhadap prestasi belajar IPS dengan nilai Fhitung >Ftabel (30,769 >3,13). Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa keterampilan mengajar guru dan disiplin belajar siswa berpengaruh terhadap prestasi belajar siswa IPS siswa kelas VIII di SMP Negeri 2 Percut Sei Tuan T.A 2018/2019. | en_US |