Show simple item record

dc.contributor.authorSitorus, Yusnidar
dc.date.accessioned2018-12-10T04:43:06Z
dc.date.available2018-12-10T04:43:06Z
dc.date.issued2018-10-03
dc.identifier.urihttp://repository.uhn.ac.id/handle/123456789/1956
dc.description.abstractPenelitian ini bertujuan untuk mengetahui penerapan model pembelajaran Kelompok Pola Tutorial Sebayauntuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar ekonomi siswa kelas XI IPS SMA Santo Paulus Martubung Medan Tahun Ajaran 2018/2019.Jenis penelitian ini adalah merupakan jenis penelitian PTK (Penelitian Tindakan Kelas), dengan prosedur penelitian dimulai dengan (1). Perencanaan, (2) Pelaksanaan,(3). Pengamatan,dan (4) Refleksi, yang dilakukan dalam dua siklus tindakan. Subjek penelitian ini kelas XI IPS sebanyak 31 siswa dengan materi pokok Ketenagakerjaan. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah tes hasil belajar dan juga observasi aktivitas belajar siswa.Setelah dilakukan penerapan model pembelajaran, diperoleh pada siklus I nilai rata rata postest 70,97 dan aktivitas siswa 64,87% pada siklus II nilai rata-rata postest 81,29 dan aktivitas siswa 79,56%. Hasil penelitian ini menyatakan aktivitas siswa meningkat 14,69% dari siklus I ke siklus II dan hasil belajar siswa meningkat 10,32 dari siklus I ke siklus II. Disimpulkan bahwa adanya peningkatan aktivitas dan hasil belajar ekonomi dari siklus I ke siklus II.en_US
dc.subjectModel Pembelajaran Kelompok Pola Tutorial Sebayaen_US
dc.subjectMeningkatkan Aktivitasen_US
dc.subjectdan Hasil Belajar Ekonomien_US
dc.titlePenerapan Model Pembelajaran Kelompok Pola Tutorial Sebaya Untuk Meningkatkan Aktivitas dan Hasil Belajar Ekonomi Siswa Kelas XI IPS SMA Santo Paulus Martubung Medan Tahun Ajaran 2018/2019.en_US


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record