dc.contributor.author | Br. Tarigan, Thio Florensia | |
dc.date.accessioned | 2018-12-10T04:21:27Z | |
dc.date.available | 2018-12-10T04:21:27Z | |
dc.date.issued | 2018-10-01 | |
dc.identifier.uri | http://repository.uhn.ac.id/handle/123456789/1953 | |
dc.description.abstract | Pembelajaran bahasa Indonesia merupakan salah satu pelajaran wajib bagi siswa. Pembelajaran bahasa Indonesia juga mengambil peran dalam pendidikan yang mengarahkan siswa memiliki keterampilan menulis. Keterampilan berbahasa dapat dibedan menjadi empat aspek yaitu keterampilan menyimak, keterampilan berbicara, keterampilan membaca, keterampilan menulis. Dalam pengajarannya antara keempat aspek tersebut tidak dapat memisahkan melainkan harus terpadu karena saling berkaitan. Keempat aspek tersebut dibagi menjadi dua Pembelajaraan yaitu pembelajaraan Represtif dan produktif. Pembelajaraan represtif mencangkup pembelajaraan keterampilan menyimak dan membaca, sedangkan pembelajaraan keterampilan berbicara dan menulis.
Keterampilan menulis sesuai dengan urutan proses pemerolehannya merupakan keterampilan yang terakhir dan yang paling sulit untuk dikuasi dibandingkan dengan keterampilan lainnya. Dikatakan paling sulit karena keterampilan menulis menuntut penguasaan berbagai unsur kebahasaan dan unsur diluar bahasa itu sendiri. meskipun sulit tetapi keterampilan ini harus dapat dimengerti oleh siswa | en_US |
dc.subject | Model Treffinger | en_US |
dc.subject | Kemampuan Menulis Berita | en_US |
dc.title | Efektivitas Model Treffinger Terhadap Kemampuan Menulis Berita Oleh Siswa Kelas VIII SMP Negeri 1 Sibolangit Tahun Pembelajaran 2018/2019 | en_US |