dc.description.abstract | Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh penayangan video tutorial terhadap kemampuan menulis teks prosedur oleh siswa kelas XI SMA Negeri 3tahun pembelajaran 2018/2019. Populasi dalam penelitian ini adalah 28 orang.
Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode eksperimen sesuai dengan masalah dan tujuan penelitian untuk mengetahui pengaruh penanyangan video tutorialterhadap kemampuan menulis teks prosedur. Instrument yang digunakan adalah tes penugasan untuk materi tersebut. Hipotesis yang dirumuskan dalam penelitian ini adalah sebagai berikut :
Ho : Tidak ada pengaruh penayangan video tutorial terhadap kemampuan menulis Teks Prosedur oleh siswa kelas XI SMA Negeri 3 Kandis Tahun Pembelajaran 2018/2019 Semester Ganjil.
Ha : Ada pengaruh penayangan video tutorial terhadap kemampuan menulis Teks Prosedur oleh siswa kelas XI SMA Negeri 3 Kandis Tahun Pembelajaran 2018/2019 Semester Ganjil.
Berdasarkan analisis data yang diperoleh ∑X =819, x ̅ = 55,46, SDx = 9,42dan data Y diperoleh ∑Y=802, Y ̅ = 67,71, SDy = 25,36. Dari perhitungan rxy dikonsultasikan dengan r tabel pada taraf signifikan 6% dengan N = 28 yaitu 2,34 > 02,02, maka hipotesis altenatif (HA) diterima. Hal ini berarti terdapat pengaruh penayangan video tutorial terhadap kemampuan menulis teks prosedur oleh siswa kelas XI SMA Negeri 3Kandis Tahun Pembelajaran 2018/2019.
i | en_US |