dc.description.abstract | Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas penggunaan model Role Playing terhadap kemampuan menulis puisi lama dan puisi baru oleh Siswa Kelas X SMA Perguruan Gajah Mada Medan Tahun Pembelajaran 2018/2019 yang berjumlah 70 siswa. Maka sampel yang diambil sebanyak 70 siswa karena Menurut Arikunto, apabila populasi di bawah seratus, maka keseluruhan dijadikan sampel.
Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah two group posttest only control design. Dengan masalah dan tujuan peneliti untuk mengetahui kemampuan menulis puisi lama dan puisi baru oleh siswa. Untuk memperoleh data, instrument yang digunakan adalah tes penugasan.
Dari analisa data diperoleh hasil posttest pada kelas eksperimen dengan menggunakan model Role Playing menunjukkan bahwa nilai rata-rata siswa sebesar 81,6 sedangkan hasil posttest pada kelas kontrol dengan menggunakan metode ceramah menunjukkan bahwa nilai rata-rata siswa sebesar 74,4.
Hasil uji hipotesis dengan uji t diperoleh bahwa taraf signifikan 5% dengan dk = (N1 + N2) – 2 = 68. Pada tabel “ t” dengan dk = 68 diperoleh taraf signifikan 5% = 0,10. Berdasarkan perhitungan yang telah dilakukan maka dapat diketahui bahwa Lhitung > Ltabel yaitu 3,13 > 0,10. Dengan demikian hipotesis alternatif (Ha) diterima dan hipotesis nihil (Ho) ditolak.
Berdasarkan hasil penelitian maka dapat disimpulkan bahwa dengan menggunakan model pembelajaran Role Playing efektif digunakan dalam menulis puisi lama dan puisi baru oleh siswa kelas X SMA Perguruan Gajah Mada Medan Tahun Pembelajaran 2018/2019. | en_US |