dc.description.abstract | TujuanpenelitianiniadalahuntukmengetahuiEfektivitasModel ConceptSetenceTerhadapKemampuanMenulisPantunPadaSiswaKelas VIII SMPPerguruan Gajah Mada Medan TahunPembelajaran 2018/2019.Metode yang digunakandalampenelitianiniadalahmetode yang bersifatkuantitaf.Populasidalampenelitianiniadalahseluruhsiswakelas VIII yang berjumlah 70 orang. Dari populasi, ditetapkanpengambilansampel two group post-test design sebanyak 2 (dua) kelasyaitukelas VIII-A sebanyak 35 orang ditetapkansebagaikelaseksperimendankelas VIII-B sebanyak 35 orang ditetapkansebagaikelaskontrol.
Setelah data dianalisisdiperolehhasilkemampuanpadakelaseksperimendengan mean 79,6, standardeviasi 8,57, standar error 1,46. UjinorrmalitaskelaseksperiemenL_hitung<L_tabel(0,1213< 0,1497) normal sedangkanpadakelaskontroldengan mean 71,9, standardeviasi 10,66, standar error 12,33 danpadaujinormalitaspadakelaskontrol〖 L〗_hitung<L_tabel(0,1263 < 0,1497) keduanya normal. Kemudian pada uji homogenitas harga F_hitung<F_tabel(1,24< 1,83) datanya normal dan uji hipotesis hasil diperoleh t_hitung>t_tabel( 0,62> 0,10).
Berdasarkanhaltersebut, makadapatdisimpulkanbahwa model Concept Setencememilikikeefektivan yang signifikanterhadapketerampilanmenulispantunpadasiswakelas VIII SMP Perguruan Gajah Mada Medan TahunPembelajaran 2018/2019. | en_US |