dc.description.abstract | Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui “Efektivitas Model Complete Sentence Terhadap Kemampuan Menulis Surat Dinas Di Kelas XII SMA Negeri 1 Kutalimbaru Tahun Pembelajaran 2018-2019”. Jumlah populasi sebanyak 204 siswa. Sedangkan sampel yang digunakan dalam penelitian ini sebanyak 68 siswa.
Model yang digunakan dalam penelitian ini adalah model eksperimen. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah tes penugasan untuk mengetahui. Efektivitas Model Complete Sentence Terhadap Kemampuan Menulis Surat Dinas Di Kelas XII SMA Negeri 1 Kutalimbaru Tahun Pembelajaran 2018-2019.
Populasi yang digunakan dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XII SMA Negeri 1 Kutalimbaru yang berjumlah 204 orang siswa. Sampel yang diambil yaitu dua kelas yaitu 34 orang untuk kelas kontrol dan 34 orang untuk kelas eksperimen, sampel diambil dengan menggunakan teknik cluster sampling. Teknik pengumpulan data dalam penelitian adalah teknik tes. Tes yang digunakan adalah berupa tes penugusan dengan menulis surat, dengan menggunakan model complete sentence untuk mengetahui efektif atau tidaknya model pembelajaran complete sentence terhadap kemampuan menulis surat dinas pada kelas XII SMA Negeri 1 Kutalimbaru, maka yang digunakan uji “t”.
Berdasarkan hasil penelitian yang telah diuraikan, maka kemampuan siswa kelas XII SMA Negeri 1 Kutalimbaru dalam menulis surat dinas proses tanpa menggunakan model complete sentence memiliki kategori cukup dengan memperoleh nilai rata-rata 64,26 serta kemampuan siswa kelas XII SMA Negeri 1 Kutalimbaru dalam menulis surat dinas proses dengan menggunakan model Complete Sentence memiliki kategori baik dengan memperoleh nilai rata-rata 80,94. Berdasarkan uji normalitas Lhitung < Ltabel yaitu 0,1443 < 0,1519 hasil post-test dinyatakan berdistribusi normal. Kemudian berdasarkan uji homogenitas Fhitung < Ftabel yaitu 1,18 <2,92 dinyatakan bahwa, sampel berasal dari populasi yang homogen. Setelah dilakukan uji normalitas dan uji homogenitas, maka diketahuilah thitung= 10,17. Selanjutnya nilai dikonsultasikan dengan taraf signifikasi 5% dengan df=N-1, df=34-1=33. Dari df 33 diperoleh taraf siginifkasi 5% =2,04 (ttabel). Dengan demikian thitung > ttabel= 10,17 > 2,04, maka hipotesis nol (H0) ditolak dan hipotesis alternatif (Ha) diterima yang berarti model complete sentence efektif dalam meningkatkan kemampuan menulis surat dinas pada siswa kelas XII SMA Negeri 1 Kutalimbaru Tahun Pembelajaran 2018/1019. | en_US |