dc.description.abstract | Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh penggunaan teknik pembelajaran Branstorming terhadap kemampuan menulis puisi oleh siswa kelas VIII SMP Siempatnempu Sidikalang Tahun Pembelajaran 2018/2019. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa/siswi kelas VIII SMP Negeri Siempatnempu Sidikalang tahun pembelajaran 2018/2019 yang berjumlah 157 orang yang terdiri dari 5 kelas. Dari populasi tersebut ditetapkan sampel sebanyak 32 orang yakni kelas VIII-5 yang dipilih secara claster sampling.
Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah one group pretesst-postest design. Dengan masalah dan tujuan penelitian untuk mengetahui kemampuan menulis puisi siswa. Untuk memperoleh data, instrumen yang digunakan adalah tes penugasan.
Dari analisis data diperoleh hasil pretest sebelum menggunakan teknik Braistorming menunjukkan bahwa nilai rata-rata siswa sebesar 51,81 sedangkan, hasil post-test siswa sesudah menggunakan teknik Brainstorming menunjukkan bahwa nilai rata-rata siswa sebesar 68,20
Hasil uji hipotesis dengan uji “t” diperoleh thitung = 5,06 jika dibandingkan dengan harga ttabel pada taraf signifikan 0.05 sebesar 2,000 menunjukkan thitung ˃ ttabel (5,06 ˃ 2,000). Maka hipotesis alternatif (Ha) diterima dan hipotesis nihil (Ho) ditolak.
Berdasarkan hasil penelitian maka dapat dismpulkan bahwa dengan menggunakan teknik Brainstorming efektif digunakan dalam menulis puisi oleh siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Sidikalang Tahun Pembelajaran 2018/2019. | en_US |