dc.description.abstract | meningkatkan kemampuan menulis teks anekdot pada siswa kelas X SMA YAPIM Medan Tahun Pembelajaran 2018/2019 dengan data sumber siswa kelas X IPA yang berjumlah 40 siswa.
Metode dalam penelitian ini adalah metode eksperimen dengan desain eksperimen one group pretest posttest. Sebelum melakukan pengujian hipotesis lebih dahulu dilakukan pengujian data, kemudian uji persyaratan analisis (normalitas dan homogen).
Dari pengolahan data diperoleh hasil kemampuan data pretest mean 47,75, standar deviasi 9,71 dan standar error 1,55. Uji normalitas pretest Lhitung< Ltabel (0,1122 < 0,1404) normal. Sedangkan pada posttest mean 77,86, standar deviasi 7,71 dan standar error 1,22. Uji normalitas postest Lhitung< Ltabel (0,1198 < 0,1404) normal. Pengujian hipotesis yang dilakukan dengan menggunakan uji “t” diperoleh thitung 46,39. Jika dibandingkan dengan harga ttabel pada taraf signifikan 0,05 sebesar 1,75 ini menunjukkan bahwa thitung > ttabel (46,39 >1,75). Dengan demikian hipotesis alternatif (Ha) diterima dan hipotesis nihil (Ho) ditolak. Hal ini bererti hasil pembelajaran menulis teks anekdot menggunakan model mind mapping berpengaruh dibandingkan sebelum menggunakan mind mapping. | en_US |