Show simple item record

dc.contributor.authorSitinjak, Relinawati
dc.date.accessioned2018-12-03T04:46:08Z
dc.date.available2018-12-03T04:46:08Z
dc.date.issued2018-10-23
dc.identifier.urihttp://repository.uhn.ac.id/handle/123456789/1842
dc.description.abstractTujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh Metode Concept Sentence terhadap kemampuan menulis puisi oleh siswa kelas VIII SMP Negeri 15 Medan Tahun Pembelajaran 2018/2019. Populasi dalam Penelitian ini adalah seluruh siswa/siswi kelas VIII yang terdiri dari 5 kelas yang berjumlah 40 orang. Dari populasi tersebut ditetapkan sampel yang berjumlah 40 orang dengan mengacak kelas terpilih (Cluster Sampling). Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah one group pretest posttest design . Dengan masalah dan tujuan penelitian untuk mengetahui kemampuan menulis puisi siswa. Untuk memperoleh data, instrumen yang digunakan adalah tes penugasan. Dari analisis data diperoleh hasil pretest siswa sebelum menggunakan metode Concept Sentence menunjukkan bahwa nilai rata-rata sebesar 67,25, sedangkan hasil posttest siswa sesudah menggunakan metode Concept Sentence menunjukkan bahwa nilai rata-rata siswa adalah sebesar 78,32. Hasil uji hipotesis harga to = 3,8 sedangkan nilai to >ttabel (3,8>1,68). Maka hipotesis alternatif (Ha) diterima dan hipotesis nihil (Ho) ditolak. Berdasarkan hasil penelitian maka dapat disimpulkan bahwa dengan metode Concept Sentence berpengaruh signifikan digunakan dalam menulis puisi oleh siswa kelas VIII SMP Negeri 15 Medan Tahun Pembelajaran 2018/2019.en_US
dc.subjectMetode Concept Sentence Terhadap Kemampuan Menulis Puisien_US
dc.titlePengaruh Metode Concept Sentence Terhadap Kemampuan Menulis Puisi Oleh Siswa Kelas VIII SMP Negeri 15 Medan Tahun Pembelejaran 2018/2019en_US


Files in this item

Thumbnail
Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record