Show simple item record

dc.contributor.authorBakara, Julisman Rio Beto
dc.date.accessioned2018-12-03T04:41:09Z
dc.date.available2018-12-03T04:41:09Z
dc.date.issued2018-10-15
dc.identifier.urihttp://repository.uhn.ac.id/handle/123456789/1841
dc.description.abstractPenelitian ini dilaksanakan di SMP Negeri 13 Medan pada tahun pelajaran 2017/2018 dengan keseluruhan populasi kelas VIII 170 siswa. Sampel penelitian ini diambil dengan total sampling yaitu satu kelas berjumlah 34 siswa. Tehnik pengumpulan data yang digunakan untuk mengukur hasil belajar siswa pada mata pelajaran Bahasa Indonesia berupa essay. Tehnik analisis data yang digunakan yaitu, uji Normalitas menggunakan uji F, uji Homogenitas dan uji Hipotesis Menggunakan uji T. Hasil analisis data diperoleh nilai rata-rata kelas Post-test = 73,76 dengan SD = 10,33 dan nilai rata-rata siswa Pre-test = 53,29 dengan SD 10,02. Hipotesis dalam penelitian ini diuji dengan uji-t pada taraf signifikan α = 0,05. Dari data perhitungan thitung> ttabel=7,63>2,04. Dengan demikian hipotesis nihil (Ho) ditolak dan hipotesis alternative (Ha) diterima. Dengan demikian, dapat dinyatakan bahwa metode Problem Solving berpengaruh terhadap kemampuan menulis teks ulasan cerpen kelas VIII SMP Negeri 13 Medan tahun pelajaran 2017/2018.en_US
dc.subjectMetode Problem Solving,en_US
dc.subjectMenulis Teks Ulasan Cerpenen_US
dc.titlePengaruh Penggunaan Metode Problem Solving Terhadap Kemampuan menulis Teks Ulasan Cerpen pada Siswa Kelas VIII SMP Negeri 13 Medan Tahun Pelajaran 2017/2018en_US


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record