dc.description.abstract | Penelitian ini mengangkat tema mengenai peranan kepemimpinan Kepala Sekolahdalam meningkatkan mutu pendidikan SD NegeriNo. 010204 DesaDolok Estate Kecamatan Lima Puluh Kabupaten Batu Bara. Dengan fokuspenelitian pada peranan kepemimpinan kepalasekolah dan focus penelitianpada SD NegeriNo. 010204 DesaDolok Estate Kecamatan Lima PuluhKabupatenBatu Bara.
Penelitianiniberangkatdarimasalahbagaimanaperanankepemimpinankepalasekolahterhadapmutupendidikandengantujuanpenelitianuntukmengetahuiperanandalammeningkatkanmutupendidikan.
Penelitianinimenggunakandeskripsikualitatif, penelitianinidipilihkarenadenganmenggunakanmetodepenelitiankualitatif, penelitianlebihdapatmemahamifenomena-fenomena yang terjadisecaralebihmendalamsehinggadenganbegitupenelitiakanlebihmengetahuisesungguhnya yang terjadi di lapangan. Teknikpengumpulan data yang digunakanyaitudengansumber data, observasikualitatif, wawancarakualitatif, dokumentasikualitatif, materi Audio dan Visual dengannarasumberkepalasekolah SD NegeriNo. 010204 Dolok Estate, Guru-guru, Orang tuamuriddansiswa SD Negeri No. 010204 Dolok Estate.
Berdasarkanpenelitian yang dilakukanolehpenelitidapatdisimpulkanbahwaperanankepemimpinankepalasekolah SD NegeriNo. 010204 Dolok Estate sudahberjalansecara optimal. Dimanaperankepemimpinankepalasekolah SD NegeriNo. 010204 Dolok Estate melakukanperanannyaseefektifmungkindalammeningkatkanmutupendidikan, selainitu pula peranandarikepalasekolahdalammeningkatkanmutupendidikandipengaruhiolehkinerja guru danpemberianapresiasiterhadap guru. Dan disarankankepadakepalasekolahuntukkonsistenakanaturan yang berlaku PERMENDIKNAS No. 13 tahun 2007 standarkepalasekolah, karenabesarpengaruhnyapeningkatanmutu di sekolahdengancatatanadanyainteraksiantarakepalasekolahdan guru serta para orangtuasalingmenunjangdanmengisimasing-masingkonsistendantanggungjawabatashakdankewajibannyasehinggaterciptasituasidankondisi yang diinginkan. Dan disarankanjugakepada guru-guru untukmeningkatkankonsistenakanaturan yang berlakupada PERENDIKNAS NO. 16 tahun 2007 tentangstandar Guru. | en_US |