Show simple item record

dc.contributor.authorSitorus, Sulastri Oktoprida
dc.date.accessioned2018-11-22T06:08:44Z
dc.date.available2018-11-22T06:08:44Z
dc.date.issued2018-10-08
dc.identifier.urihttp://repository.uhn.ac.id/handle/123456789/1717
dc.description.abstractPenelitian ini dilakukan bertujuan untuk mengetahui sejauh mana hubungan pemberian penguatan dan kreativitas belajar terhadap prestasi belajar siswa pada mata pelajaran ekonomi di kelas XI Is SMA Negeri 1 Silima punggapungga tahun ajaran 2018/2019. Jenis penelitian ini adalah penelitian expost facto dengan populasi sebagian siswa kelas XI SMA Negeri 1 Silima Punggapungga yaitu sebanyak 52 siswa dari tiga kelas dengan teknik Random Sampling. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah studi dokumentasi (DKN), nilai ulangan harian dan penyebaran angket. Uji validitas untuk butir angket menggunakan rumus product moment dan uji reliabilitasnya menggunakan rumus cronbach alpha. Uji asumsi klasik yang digunakan adalah uji normalitas dan uji homogenitas. Teknik analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah uji regresi linear berganda dan menguji hipotesis digunakan rumus uji t, F dan koefisien determinasi (R²). Berdasarkan uji regresi linear berganda Y = 56.396 + 0.123(X1) + 0.115(X2) + e dan uji t untuk variable pemberian penguatan (X1) diperoleh Nilai thitung untuk Pemberian Penguatan (X1) sebesar (2.088) > ttabel (2.009) dengan nilai signifikansi (0.042) <alpha (0.05). hal ini berarti pemberian penguatanmemiliki pengaruh positif dan signifikan terhadap prestasi belajar siswa. Untuk variabel kreativitas belajar (X2) diperoleh thitung sebesar (2.192) > ttabel (2.009) dengan nilai signifikansi (0.033) <alpha (0.05), hal ini berarti kreativitas belajar memiliki pengaruh positif dan signifikan terhadap prestasi belajar siswa. Selanjutnya untuk uji F diperoleh bahwa Fhitung (3.933) dengan tingkat signifikansi (0.026). Sementara nilai Ftabel pada alpha (0.05) adalah 3.18. Oleh karena itu, Fhitung > Ftabel dan tingkat signifikansi (0.026) <alpha (0.05). Sehingga dapat disimpulkan bahwa pemberian penguatan dan kreativitas belajar dengan prestasi belajar siswa pada mata pelajaran ekonomi di kelas XI Is SMA Negeri 1 Silima Punggapungga Tahun Ajaran 2018/2019 secara simultan atau bersama–sama berpengaruh positif dan signifikan terhadap prestasi belajar siswa.en_US
dc.subjectkreativitas belajaren_US
dc.subjectPrestasi Belajaren_US
dc.titleHUBUNGAN PEMBERIAN PENGUATAN DAN KREATIVITAS BELAJAR DENGAN PRESTASI BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN EKONOMI DI KELAS XI IS SMA NEGERI 1 SILIMA PUNGGAPUNGGA TAHUN AJARAN 2018/2019en_US


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record