dc.description.abstract | Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriktif dengan populasi sebagian siswa kelas XI IPS SMA Negeri 1 Laguboti yaitu sebanyak 90 siswa dari tiga kelas dengan teknik Total Sampling. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah studi dokumentasi (DKN), nilai ulangan harian dan penyebaran angket. Uji validitas untuk butir angket menggunakan rumus product moment dan uji reliabilitasnya menggunakan rumus cronbach alpha. uji asumsi klasik yang digunakan adalah uji normalitas dan Heterokedastisitas. Teknik analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah uji regresi linear berganda dan untuk menguji hipotesis digunakan rumus uji t, F dan koefisien determinasi (R2).
Berdasarkanujiregresi linearberganda Y=12.435+ 0,604X1+ 0.229X2+0.372X3dan uji t untuk variabel motivasi belajar (X1) diperoleh thitung >ttabel (4.097>1.988) dengan alpha 0,05. Hal ini berarti motivasi belajar berpengaruh positif dan signifikan terhadap prestasi belajar siswa ekonomi. Untuk variabel lingkungan belajar (X2) diperoleh thitung >ttabel (2.723>1.988) dengan alpha 0,008. Hal ini berarti lingkungan belajar berpengaruh dan signifikan terhadap prestasi belajar siswa ekonomi. Untuk variabel kompentensi pedagogik guru (X3) diperoleh thitung >ttabel (2.393>1.988) dengan alpha 0,019. Hal ini berarti lingkungan belajar berpengaruh dan signifikan terhadap prestasi belajar siswa ekonomi. Selanjutnya untuk .uji F diperoleh bahwa Fhitung>Ftabel (12.818>0.05) dengan alpha 0,05(5%). Sehingga dapat disimpulkan bahwa pengaruh motivasi belajar, lingkungan belajar, dan kompentensi pedagogik guru terhadap prestasi belajar ekonomi kelas XI IPSSMA Negeri 1 Laguboti Tahun Ajaran 2018/2019 memiliki pengaruh yang positif dan signifikan. | en_US |