PENGARUH PENGGUNAAN MODEL CONCEPT SENTENCE TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA KELAS XI IPS SMA NEGERI 1 ONANRUNGGU PADA MATA PELAJARAN EKONOMI TAHUN AJARAN 2018/2019
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui ada pengaruh penggunaan model pembelajaran Concept Sentence Terhadap Hasil Belajar Ekonomi Kelas XI IPS SMA Negeri 1 Onanrunggu Tahun Ajaran 2018/2019. Jenis penelitian yang digunakan adalah metode eksperimen dengan desain pretest-posttest dengan jumlah populasi penelitian yaitu seluruh siswa kelas XI IPS SMA Negeri 1 Onanrunggu dengan teknik populasi yang digunakan adalah total sampling. Kelas XI IPS-1 sebagai kelas eksperimen dan kelas XI IPS-2 Sebagai kelas kontrol. Setelah dilakukan perlakuan yang berbeda, diperoleh nilai rata-rata posttest kelas eksperimen 70 dengan standar deviasi 15,75 dan nilai rata-rata posttest kelas kontrol 65 dengan standar deviasi 12,79. Hasil uji data posttes menyatakan sampel terdistribusi normal dan homogen.Berdasarkan uji t diperoleh nilai thitung sebesar 5,23 sedangkan nilai ttabel 1,67. Hal ini menunjukkan thitung >dari ttabel yang berarti hipotesis penelitian yang menyatakan ada “Pengaruh Penggunaan Model Pembelajaran Concept Sentence Terhadap Hasil Belajar Ekonomi Kelas XI IPS SMA Negeri 1 Onanrunggu Tahun Ajaran 2018/2019”. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh yang positifdan signifikan Model Pembelajaran Concept Sentence Terhadap Hasil Belajar Ekonomi Kelas XI IPS SMA Negeri 1 Onanrunggu Tahun Ajaran 2018/2019.
Collections
- Pendidikan Ekonomi [277]