Pengaruh Disiplin Belajar, dan Variasi Mengajar Guru Terhadap Prestasi Belajar Ekonomi pada Siswa Kelas VIII SMP Negeri 1 Tigalingga. Tahun Pelajaran 2018/2019
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui :(1)Tingkat disiplin belajar siswa pada kelas VIII SMP Negeri 1 Tigalingga, (2)Variasi mengajar guru pada mata pelajaran ekonomi (3)Prestasi belajar ekonomi pada siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Tigalingga, (4)Seberapa besar pengaruh disiplin belajar, dan variasi mengajar guru terhadap prestasi belajar ekonomi pada siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Tigalingga.
Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Tigalingga tahun ajaran 2018/2019 yang berjumlah 112 siswa. Dalam penelitian ini peneliti tidak menggunakan sampel penelitian, melainkan meneliti seluruh populasi yang ada. Terdapat 3(tiga) variabel yang dibahas dalam penelitian ini, yaitu disiplin belajar, variasi mengajar guru dan prestasi belajar ekonomi. Pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan metode angket metode dokumentasi. Data yang dikumpulkan dianalisis dengan teknik deskriptif dan teknik regresi.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa disiplin belajar siswa termasuk dalam kategori baik 59,8%, variasi mengajar guru termasuk dalam kategori cukup 50% dan prestasi belajar ekonomi termasuk dalam kategori cukup 54,5%. Terdapat pengaruh yang signifikan antara disiplin belajar, dan variasi mengajar guru terhadap prestasi belajar siswa pada mata pelajaran ekonomi di SMP Negeri 1 Tigalingga tahun ajaran 2018/2019 baik secara parsial maupun simultan.
Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan tersebut dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh yang signifikan antara disiplin belajar, lingkungan belajar dan variasi mengajar guru terhadap prestasi belajar ekonomi siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Tigalingga, baik secara parsial maupun simultan. Secara parsial, besarnya pengaruh yang diberikan oleh variabel disiplin belajar sebesar 34,40%, lingkungan belajr sebesar 25,80% dan variasi mengajar guru sebesar 24,90%. Sementara itu secara simultan besarnya pengaruh ketiga variabel tersebut adalah sebesar 45,5%. Saran yang dapat peneliti berikan adalah siswa hendaknya lebih memperhatikan faktor-faktor yang mempengaruhi prestasi belajarnya, yaitu pada masalah penggantian waktu belajar yang pernah ditinggalkan, siswa hendaknya membiasakan diri untuk belajar setiap hari dan siswa hendaknya menepati jadwal belajarnya. Untuk orang tua hendaknya dapat mengawasi belajar anaknya dan untuk guru ekonomi hendaknya lebih meningkatkan variasi penggunaan media dan juga meningkatkan variasi dalam metode mengajarnya.
Collections
- Pendidikan Ekonomi [277]