dc.description.abstract | Latar belakang penelitian ini adalah penulis melihat langsung bahwa peserta didik kurang memperhatikan pengajaran yang diberikan guru, tidak sedikit dari peserta didik yang tidak menghormati guru Agamanya dengan tidak mengerjakan tugas yang diberikan guru, peserta didik ada yang mengambil kegiatan lain pada saat pelajaran Agama , oleh karena tidak pedulinya peserta didik terhadap pelajaran Agama menyebabkan hasil ulangan harian peserta didik sangat memprihatinkan. Dalam hal ini tidak sedikit peserta didik yang tidak mengikuti pembelajaran dari guru, hal ini dapat disebabkan oleh guru yang tidak mempunyai kompetensi dalam mengajar. Masalah utama yang akan dijawab dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui ada tidaknya pengaruh Profesional Guru PAK terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas VIII SMP HKBP Pardamean Medan T.A 2013/1014. Populasi penelitian ini adalah peserta didik kelas VIII SMP HKBP Pardamean Medan, dengan jumlah peserta didik sebanyak 25 orang, yaitu 11 laki-laki dan 14 perempuan. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian deskriptif kuantitatif bertujuan untuk mempelajari pengaruh dua variabel, sedangkan analisa yang digunakan adalah dengan pengujian hipotesis korelasi yaitu Product moment dan alat yang digunakan dalam pengumpulan data adalah dengan menjalankan angket tertutup berupa koesioner untuk variabel X dan Y.
Untuk mengetahui ada tidaknya Pengaruh Profesional Guru PAK terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas VIII SMP HKBP Pardamean Medan T.A 2013/2014 digunakan uji statistik korelasi produc moment pearson. Dari hasil pengujian diperoleh r = 0,805. Untuk mengetahui signifikan koefisien korelasi pada taraf nyata 0,05 digunakan uji t dengan kriteria thitung > ttabel maka hipotesis diterima dan dalam hal lain ditolak. Hasil pengujian hipotesis diperoleh thitung = 2, 076 ternyata lebih besar dari ttabel 1, 719, (2,076 ˃ 1, 719),), dengan demikian hipotesa diterima. Jadi dapat dikemukakan bahwa ada pengaruh Profesional Guru PAK Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas VIII SMP HKBP Pardamean Medan.
Disarankan kepada guru PAK untuk menghayati dan memantapkan profesinya sebagai guru sehingga lebih memotivasi peserta didik dalam proses pembelajaran khususnya belajar PAK. | en_US |