PENGARUH PROFESIONALISME GURU PAK TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA KELAS VIII SMP SWASTA HKBP PARDAMEAN MEDAN TAHUN AJARAN 2015/2016
Abstract
Saat ini banyak guru yang kurang profesional dalam hal kompetensi guru sehingga hal ini membuat hasil belajar siswa kurang baik.
Salah satu upaya yang dapat dilakukan untuk mengatasi guru-guru yang kurang profesional di bidangnya adalah meningkatkan kompetensi guru dengan cara memberikan pelatihan-pelatihan kepada guru dalam hal meningkatkan kompetensi profesionalisme guru PAK.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Pengaruh Profesionalisme Guru PAK Terhadap Hasil Belajar Siswa di Kelas VIII SMP Swasta HKBP Pardamean Medan T.A 2015/2016.
Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa SMP Swasta HKBP Pardamean Medan yang berjumlah 4 kelas. Dimana sampel dalam penelitian ini adalah seluruh populasi dikarenakan dalam penelitian ini sampel yang digunakan terdiri dari 1 kelas, yaitu kelas VIII sebanyak 27 orang siswa. Dimana sampel yang dipilih sesuai dengan roster yang telah disesuaikan sehingga kelas yang diberikan angket dilaksanakan pada hari yang bersamaan.
Penelitian ini menggunakan satu jenis penelitian yaitu metode deskriptif kuantitatif yaitu dengan cara memberikan angka dari data yang telah diperoleh dari hasil penelitian berdasarkan ukuran ketetapan yang ada. Sebelum soal angket diujikan terlebih dahulu dilakukan uji validitas, reliabilitas, normalitas dan regresi
Hasil penelitian diperoleh thitung sebesar 5,8 > ttabel 1,708. Ternyata diperoleh thitumg > ttabel sehingga dapat disimpulkan Ho ditolak dan Ha diterima yang artinya terdapat pengaruh yang signifikan antara Profesionalisme Guru PAK Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas VIII SMP Swasta HKBP Pardamean Medan T.A 2015/2016.