Pengaruh Model Pembelajaran Learning Starts With A Question Terhadap Hasil Belajar Pada Mata Pelajaran Ekonomi Bisnis di Kelas X PEMASARAN SMK Negeri 7 Medan Tahun Ajaran 2018/2019
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran learning starts with a question terhadap hasil belajar Pada Mata Pelajaran Ekonomi Bisnis di Kelas X PEMASARAN SMK Negeri 7 Medan Tahun Ajaran 2018/2019.
Penelitian dilaksanakan di SMK Negeri 7 Medan pada tahun pembelajaran 2018/2019 dengan jumlah populasi 66 siswa. Sampel dalam penelitian ini diambil dengan total sampling yang terdiri dari kelas eksperimen 33 siswa dan kelas kontrol 33 siswa. Teknik pengumpulan data yang digunakan untuk mengukur hasil belajar ekonomi bisnis berupa pilihan ganda. Teknik analisis data yang digunakan yaitu uji normalitas menggunakan uji-f dan uji hipotesis menggunakan uji-t.
Hasil analisis data diperoleh nilai rata-rata siswa kelas eksperimen = 73,6363 dengan SD = 12,7028 dan nilai rata-rata siswa kelas kontrol = 66,6666 dengan SD = 10,2062. Hipotesis dalam penelitian ini di uji dengan uji-t pada taraf signifikan ( taraf kepercayaan ) α = 0,05. Dari data perhitungan hipotesis diperoleh t_hitung= 2,47 dan t_tabel= 1,67 . t_hitung>t_tabel yaitu 2,47 > 1,67 dengan kata lain H_a diterima.
Dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh model pembelajaran Learning Starts With A Question terhadap hasil belajar Pada Mata Pelajaran Ekonomi Bisnis di Kelas X PEMASARAN SMK Negeri 7 Medan Tahun Ajaran 2018/2019.
Collections
- Pendidikan Ekonomi [277]