Penerapan Model Pembelajaran Improve Dengan Penggunaan LKS Untuk Meningkatkan Aktivitas dan Hasil Belajar Siswa Ekonomi Kelas XII IPS SMA Santo Paulus Martubung Medan Tahun Ajaran 2018/2019
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan aktivitas dan hasil belajar siswa ekonomi kelas XII IPS SMA Santo Paulus Martubung Medan. Subjek penelitian ini adalah siswa Kelas XII IPS yang berjumlah 35 orang dan objek penelitian adalah model Pembelajaran Improve dengan penggunan LKS. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang terdiri dari 4 tahap, yaitu perencanaan, tindakan, observasi dan refleksi. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah tes hasil belajar dengan soal esay tes dan lembar observasi aktivitas siswa untuk melihat aktivitas belajar siswa selama proses pembelajaran berlangsung. Teknik analisis data dilakukan dalam beberapa tahap yaitu dengan menggunakan data kuantitatif dan data kualitatif.Berdasarkan pengamatan hasil aktivitas belajar siswa, menunjukkan adanya peningkatan aktivitas siswa dari siklus I ke siklus II. Pada siklus I diperoleh, 11,42% atau 4 orang siswa untuk kriteria sangat aktif, 51,42% atau 18 orang siswa untuk kriteria aktif, 22,85% atau 8 orang siswa untuk kriteria cukup aktif, 2,85% atau 1 orang siswa untuk kriteria kurang aktif, 11,42% atau 4orang siswa untuk kriteria tidak aktif. Sedangkan pada siklus II diperoleh 28,57% atau 10 orang untuk kriteria sangat aktif, 48,57% atau 17 orang siswa untuk kriteria aktif, 11,42% atau 4 orang siswa untuk kriteria cukup aktif, dan 11,42% atau 4 orang siswa untuk kriteria kurang aktif. Selanjutnya data dari hasil belajar siswa pada siklus I jumlah siswa yang tuntas dan belajar adalah 62,85% atau 22 siswa dengan rata-rata 75 sedangkan pada siklus II jumlah siswa yang tuntas dalam belajar adalah 85,71% atau 30 orang siswa dengan rata-rata 82,28. Terjadi peningkatan 8 poin.
Collections
- Pendidikan Ekonomi [277]