Perbedaan Metode Kerja Kelompok Dan Pemberian Tugas Individu Berbantuan Peta Pikiran Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Materi Optika Geometri Kelas XI IPA SMA Negeri 8 Medan Tahun Pelajaran 2017/2018
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan metode belajarkelompok dan pemberian tugas individu terhadap hasil belajar siswa pada materi pokok Optika Geometri di Kelas XI SMA Negeri 8 Medan Tahun Pelajaran 2017/2018.Jenis penelitian ini adalah trueexperimendengan sampel penelitian yaitu kelas XI IPA 1 dan XI IPA 2 SMA Negeri 8 Medan T.P. 2017/2018. Adapun teknik yang digunakan dalam pengambilan sampel adalah rundown sampling yaitu teknik pengambilan sampel secara acak. Instrumen yang digunakan adalah tes hasil belajar siswa dengan bentuk pilihan berganda yang telah dilakukan uji validasi instrumen.Setelah dilakukan perlakuan yang berbeda, diperoleh nilai rata-rata postes kelas eksperimen individu 49,00 dengan standar deviasi 14,39 dan nilai rata-rata postes kelas eksperimen kelompok 53,00 dengan standar deviasi 14,49. Hasil uji prasyarat data postes menyatakan sampel populasi terdistribusi normal dan homogen. Selanjutnya dilakukan uji t dua pihak ( = 0,05) dan dilengkapi dengan Uji Anova satu jalur dengan Fhitung> Ftabel yaitu Fhitung= 1,889 dan Ftabel = 1,836. Dengan demikian metode belajar kelompok memiliki perbedaan yang signifikan dari metode belajar individu berbantuan peta pikiran pada materi Optika Geometri di kelas XI SMA Negeri 8 Medan T.P.2017/2018. Dapat disimpulkan bahwa metode kerja kelompok lebih baik digunakan daripada metode tugas individu.
Collections
- Pendidikan Fisika [122]