Pengaruh Model Pembelajaran Inkuiri berbantuan Multimedia Presentasi Pembelajaran Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas XI MIA Pada Materi Pokok Gelombang Cahaya Semester Genap di SMA N 1 Pancurbatu T.P. 2017/2018.
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui “Pengaruh Model Pembelajaran Inkuiri berbantuan Multimedia Presentasi Pembelajaran Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas XI MIA Pada Materi Pokok Gelombang Cahaya Semester Genap di SMA N 1 Pancurbatu T.P. 2017/2018”.
Jenis penelitian ini adalah quasi eksperimen dengan populasi penilitian yaitu seluruh siswa kelas XI MIA semester genap SMA Negeri 1 Pancurbatu T.P. 2017/2018 yang terdiri dari lima kelas. Sampel diambil dari populasi sebanyak dua kelas yang memiliki nilai rata-rata yang tidak jauh berbeda dengan memberikan tes 20 item pilihan ganda yang telah divalidkan maka diperoleh kelas XI MIA 4 (kelas eksprimen) dan kelas XI Mia 1 (kelas Kontrol).
Setelah dilakukan perlakuan yang berbeda, diperoleh nilai rata-rata pretes kelas eksprimen 30,59 dan nilai rata-rata pretes kelas kontrol 31,61. Dan nilai rata-rata postes adalah 75,33 sedangkan nilai rata-rata postes kelas kontrol adalah 56,76. Setelah itu Uji Hipotesis penilitian dilakukan dengan menggunakan uji t (uji rata-rata satu pihak). Dari hasil perhitungan diperoleh thitung > ttabel yaitu (7,938 > 1,669) pada α = 0.05 disimpulkan bahwa ada pengaruh yang signifikan Model Pembelajaran Inkuiri berbantuan Multimedia Presentasi Pembelajaran dapat mempengaruhi hasil belajar siswa pada materi Gelombang Cahaya di kelas XI MIA semester Genap SMA N 1 Pancurbatu T.P. 2017/2018. Berdasarkan hasil pengamatan diperoleh nilai aktivitas siswa dikelas eksprimen dengan nilai rata-rata sebesar 88.01 tergolong dalam kategori siswa aktif. Dimana besar peningkatan hasil belajarnya sebesar 32,71%.
Collections
- Pendidikan Fisika [122]