PENGARUH PENGGUNAAN TEKNOLOGI PENDIDIKAN OLEH GURU PENDIDIKAN AGAMA KRISTEN TERHADAPMINAT BELAJAR SISWA KELAS VIII SMPPARULIAN 1 MEDAN T.A 2015/2016
Abstract
Penelitian ini dibawah bimbingan Pdt. Togar Tambunan, M.Th dan Pdt. Juliver Lumban Tobing, M.Th di Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) Universitas HKBP Nommensen. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui sejauhmana Pengaruh Penggunaan Teknologi Pendidikan oleh Guru Pendidikan Agama Kristen Terhadap Minat Belajar Siswa Kelas VIII SMP Parulian 1 Medan Tahun Ajaran 2015/2016.
Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa SMP Parulian 1 Medan yang berjumlah 120 orang. Karena jumlah populasi lebih dari 100 orang maka sampel dalam penelitian ini adalah 36 orang. Dimana sampel yang dipilih sesuai dengan roster yang telah disesuaikan.
Penelitian ini menggunakan satu jenis penelitian metode deskriptif kuantitatif yaitu dengan cara memberikan angka dari data yang telah diperoleh dari hasil penelitian berdasarkan ukuran ketetapan yang ada.
Untuk mengetahui sejauhmana pengaruh Penggunaan Teknologi Pendidikan oleh Guru Pendidikan Agama Kristen terhadap Minat Belajar Siswa VIII SMP Parulian 1 Medan Tahun Ajaran 2015/2016, dilakukan data penelitian dengan langkah : 1). Uji validitas 2). Ujire liabilitas 3).Uji Normalitas 4). Uji persamaan regresi.
Hasil penelitian diperoleh thitung sebesar 6,46, ttabel 1.691 karena thitumg > ttabel maka dapat disimpulkan Ho ditolak dan Ha diterima yang artinya terdapat pengaruh yang signifikan antara Penggunaan Teknologi Pendidikan oleh Guru Pendidikan Agama Kristen Terhadap Minat Belajar Siswa Kelas VIII SMP Parulian 1 Medan Tahun Ajaran 2015/2016.