Pengaruh Kualitas Pelayanan Dan Loyalitas Pelanggan Terhadap Pendapatan Mitra Gojek Medan Periode 2017-2018
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh kualitas pelayanan dan loyalitas pelanggan terhadap pendapatan para mitra khususnya driver Go-Jek di Medan. Data dalam metode ini diperoleh melalui pembagian angket terhadap para driver dan juga para konsumen pengguna aplikasi Go-Jek.
Adapun jumlah para resonden tersebut adalah 100 orang dimana 50 orang driver dan 50 orang lainnya konsumen. Jadi, kuesioner yang digunakan dalam penelitian ini ada 2 jenis yaitu 1 untuk driver dan 1 lagi untuk konsumen. Pengambilan sampel dibuat dengan aksidental sampling karena tidak ada pengklasifikasian khusus yang dibuat terhadap para responden. Metode analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah validitas dan reliabilitas, uji asumsi klasik, analisis regresi berganda, uji t, uji F, dan koefisien determinasi.
Dalam penelitian ini pengaruh yang diberikan oleh variabel X1 dan X2 terhadap Y sangatlah kecil. Dilihat dari analisis regresi berganda bahwa variabel kualitas pelayanan dan loyalitas pelanggan hanya mempengaruhi sebesar 0.175 dan loyalitas pelanggan hanya memberikan pengaruh sebesar 0.014 terhadap pendapatan mitra (driver) Go-Jek. Selanjutnya dilakukan uji hipotesis yaitu dengan beberapa hasil yang berbeda dan juga kecil pengaruhnya. Dari uji t yang telah dilakukakan diperolehlah hasil thitung dari kualitas pelayanan adalah 0.848 dan loyalitas pelanggan sebesar 0.079 dengan ttabel sebesar 2.0096. Dari hal tersebut dapat disimpulkan bahwa hasilnya positif dan tidak signifikan. Begitu juga dengan uji F dimana Fhitung bernilai sebesar 0.810 dengan Ftabel sebesar 6.07. Tidak jauh berbeda juga dengan koefisien determinasi yang diperoleh yaitu sebesar 3.3% saja. Dilihat dari hasil yang ada sangatlah kecil pengaruhnya yang diberikan terhadap pendapatan para driver Go-Jek.
Collections
- Pendidikan Ekonomi [277]