dc.description.abstract | Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui pengaruh yang signifikan dari model pembelajaran Complete Sentence terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPS Terpadu.Populasi dalam penelitian ini adalah semua siswa kelas VIII-1 dan VIII-2 yang berjumlah 66 orang yang terbagi atas 2 kelas . Sampel penelitian ini adalah 2 kelas yaitu kelas VIII-1 sebagai kelas kontrol dan VIII-2 sebagai kelas eksperimen yang masing-masing berjumlah 33 orang siswa. Pengambil sampel dalam penelitian menggunakan sampel purposive sampling yaitu teknik pengambilan sampel yang bertujuan atau karena adanya pertimbangan tertentu, yaitu dengan melihat ciri-ciri atau karakteristik siswa di dalam kelas.Selanjutnya peneliti menentukan sendiri sampel yang diambil karena ada pertimbangan tertentu. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian eksperimen.
Sebagai alat pengumpulan data digunakan soal multiple choice yang dilakukan ialah uji normalitas,uji homogenitas, dan uji hipotesis penelitian.Dari pengujian ini diperoleh bahwa sampel berasal dari populasi yang memiliki varians yang homogen dan berdistribusi normal. Dari analisa data diperoleh skor rata-rata pre test pada kelas eksperimen 50,06 dengan SD ialah 17,29 dan pada kelas kontrol rata-rata pre test adalah 40,21 dengan SD 14,28. Dan analisa data untuk post test kelas eksperimen mempunyai rata-rata ( pembelajaran dengan model Complete Sentence ) diperoleh rata-rata sebesar 76,15 dan SD 18,06. Dan rata-rata hasil belajar pada kelas kontrol ( pembelajaran dengan model konvensional) sebesar 67,58 dan SD 15,89. Dari hasil analisa data menggunakan uji t pada taraf sigifikan 95%(α=0,05) diperoleh t_hitung=3,48. Sedangkan t_(tabel=)1,67. Ternyata t_hitung>t_tabel maka H_0 ditolak dan H_a diterima. Dengan demikian diperoleh kesimpulan bahwa hasil belajaran siswa pada mata pelajaran IPS Terpadu yang diberi pengajaran dengan model pembelajaran Complete Sentence lebih baik dari hasil belajar siswa dengan menggunakan model pembelajaran konvensional. | en_US |