Pengaruh Keceradasan Intelektual dan Kebiasaan Belajar Terhadap Prestasi Belajar Siswa pada Matapelajaran Ekonomi KelasXI IPS DI SMA Deli Murni Deli Tua T.A. 2018/2019.
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Pengaruh Kecerdasan Intelektual dan Kebiasaan Belajar Terhadap Prestasi Belajar Siswa pada Matapelajaran Ekonomi Kelas XI IPS Di SMA Deli Murni Deli Tua T.A. 2018/2019.
Jenis penelitian ini adalah penelitian survey dengan populasi semua siswa kelas XI IPS Deli Murni yaitu sebanyak 72 siswa dua kelas dengan teknik mengambil semua populasi menjadi sampel. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah studi dokumentasi (DKN), nilai ulangan harian dan penyebaran angket. Uji validitas untuk butir angket menggunakan rumus product moment dan uji reliabilitasnya menggunakan rumus cronbach alpha. uji asumsi klasik yang digunakan adalah uji normalitas dan multikolinearitas. Teknik analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah uji regresi linear berganda dan untuk menguji hipotesis digunakan rumus uji t, F dan koefisien determinasi (R2). Berdasarkan uji regresi linear berganda Y= 10,044 - 0,024X1+0,993X2 dan uji t untuk variabel kecerdasan Intelektual (X1) diperoleh thitung < ttabel (-0,122>1,677) dengan alpha 0,904. Hal ini berarti kecerdasan intelektual taidak berpengaruh terhadap prestasi belajar. Untuk variabel kebiasaan beajar (X2) di peroleh thitung > ttabel (6,223>1,677) dengan alpha 0,000. Hal ini berarti kebiasaaan belajar siswa berpengaruh posirif dan signifikan terhadap prestasi belajar siswa. Selajutnya untuk uji Fdiperoleh bahwa Fhitung > Ftabel (21,619 >3,13) dengan alpha 0,05 (5%). Sehingga dapat disimpulkan bahwa kecerdasan intelektual dan kebiasaan belajar siswa kelas XI IPS Deli Murni mata pelajaran ekonomi Tahun Ajaran 2018/2019 memiliki pengaruh yang positif dan signifikan
Collections
- Pendidikan Ekonomi [277]