• Login
    View Item 
    •   Home
    • Student Papers
    • Keguruan dan Ilmu Pendidikan
    • Pendidikan Bahasa Indonesia
    • View Item
    •   Home
    • Student Papers
    • Keguruan dan Ilmu Pendidikan
    • Pendidikan Bahasa Indonesia
    • View Item
    JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

    Pengaruh Penggunaan Model Reciprocal Teaching Terhadap Kemampuan Menulis Teks Eksposisi Siswa Kelas X SMK Negeri 1 Lumban Julu Tahun Pembelajaran 2018/2019

    Thumbnail
    View/Open
    Penti Sugiarti.pdf (196.3Kb)
    Date
    2018-11-15
    Author
    Sugiarti, Penti
    Metadata
    Show full item record
    Abstract
    Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui Pengaruh Penggunaan Model Reciprocal Teaching Terhadap Kemampuan Menulis Teks Eksposisi Siswa Kelas X SMK Negeri 1 Lumban Julu Tahun Pembelajaran 2018/2019. Jumlah Populasi yang terdiri dari 5 kelas dengan jumlah siswa 140 orang. Dari populasi tersebut ditetapkan sampel sebanyak 28 orang dengan kelas yang akan dipilih mengunakan teknik cluster sampling. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah one group pretest-posttest design. Dengan masalah dan tujuan penelitian untuk mengetahui kemampuan menulis teks eksposisi. Untuk memperoleh data, instrumen yang digunakan adalah tes penugasan. Berdasarkan hasil penelitian yang telah diuraikan, maka kemampuan siswa kelas X SMK Negeri 1 Lumban Julu dalam menulis teks eksposisi tanpa menggunakan model Reciprocal Teaching memiliki kategori kurang dengan memperoleh nilai rata-rata 60,1. Dan kemampuan siswa kelas X SMK Negeri 1 Lumban Julu dalam menulis teks eksposisi dengan menggunakan model Reciprocal Teaching memiliki kategori cukup Baik dengan nilai rata-rata 71,9. Berdasarkan uji normalitas hasil Postest dinyatakan bahwa sampel berasal dari populasi yang homogen. Setelah dilakukan uji normalitas dan homogenitas, maka diketahui thitung = 3,55. Selanjutnya, ttabel dengan df = (N - 1) = 27. Diperoleh taraf signifikan 5 % = 2,05. Dengan demikian thitung > ttabel yakni 3,55 > 2,05. maka hipotesis nol (Ho) ditolak dan hipotesis alternatif (Ha) diterima.
    URI
    http://repository.uhn.ac.id/handle/123456789/1432
    Collections
    • Pendidikan Bahasa Indonesia [548]

    Repository UHN copyright © 2018  UHN-OFFICIAL
    Contact Us | Send Feedback
     

     

    Browse

    All of Repository UHNCommunities & CollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

    My Account

    LoginRegister

    Repository UHN copyright © 2018  UHN-OFFICIAL
    Contact Us | Send Feedback