Pengaruh Penggunaan Model Reciprocal Teaching Terhadap Kemampuan Menulis Teks Eksposisi Siswa Kelas X SMK Negeri 1 Lumban Julu Tahun Pembelajaran 2018/2019
Abstract
Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui Pengaruh Penggunaan Model Reciprocal Teaching Terhadap Kemampuan Menulis Teks Eksposisi Siswa Kelas X SMK Negeri 1 Lumban Julu Tahun Pembelajaran 2018/2019. Jumlah Populasi yang terdiri dari 5 kelas dengan jumlah siswa 140 orang. Dari populasi tersebut ditetapkan sampel sebanyak 28 orang dengan kelas yang akan dipilih mengunakan teknik cluster sampling.
Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah one group pretest-posttest design. Dengan masalah dan tujuan penelitian untuk mengetahui kemampuan menulis teks eksposisi. Untuk memperoleh data, instrumen yang digunakan adalah tes penugasan.
Berdasarkan hasil penelitian yang telah diuraikan, maka kemampuan siswa kelas X SMK Negeri 1 Lumban Julu dalam menulis teks eksposisi tanpa menggunakan model Reciprocal Teaching memiliki kategori kurang dengan memperoleh nilai rata-rata 60,1. Dan kemampuan siswa kelas X SMK Negeri 1 Lumban Julu dalam menulis teks eksposisi dengan menggunakan model Reciprocal Teaching memiliki kategori cukup Baik dengan nilai rata-rata 71,9. Berdasarkan uji normalitas hasil Postest dinyatakan bahwa sampel berasal dari populasi yang homogen. Setelah dilakukan uji normalitas dan homogenitas, maka diketahui thitung = 3,55. Selanjutnya, ttabel dengan df = (N - 1) = 27. Diperoleh taraf signifikan 5 % = 2,05. Dengan demikian thitung > ttabel yakni 3,55 > 2,05. maka hipotesis nol (Ho) ditolak dan hipotesis alternatif (Ha) diterima.