PENGARUH EMOTIONAL QUOTIENT (EQ) DAN SPIRITUAL QUOTIENT (SQ) TERHADAP HASIL BELAJAR EKONOMI SISWA KELAS XI SMA NEGERI 4 PEMATANGSIANTAR T.A 2015/2016
Abstract
SotardugaSihombing, Pengaruh Emotional Quotient (EQ) dan Spiritul
Quotient(SQ)Terhadap Hasil Belajar Ekonomi Siswa Kelas XI SMA Negeri 4
Pematangsiantar T.A 2015/2016.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui ada tidaknya pengaruh
EmotionalQuotient (EQ) dan Spiritual Quotient (SQ) terhadap hasil belajar
ekonomi siswa kelas XI di SMA Negeri 4 Pematangsiantar Tahun Ajaran
2015/2016.
Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas XI SMA Negeri 4
Pematangsiantar yang belajar mata pelajaran ekonomi sebanyak 106 siswa. Dan
sampelnya adalah sebanyak 43 siswa yang ditarik dengan random sampling.
Teknik pengumpulan data menggunakan angket, dan tes hasil belajar. Angket
digunakan untuk mengumpulkan data variabel Emotional Quotient (EQ) dan
Spiritual Quotient (SQ).
Langkah selanjutnya adalah pengujian hipotesis dengan menghitung
persamaan regresi linier yaitu Y serta atas X
1 dan X
2
adalah Ŷ = 3,93+ 0,31X1
+
0,28X2 , artinya bahwa antara variabel X
1 dan X
2
linier dengan Y.
Berdasarkan uji hipotesis yaitu uji signifikansi Pengaruh (Uji t) dengan
menolak H0 dan menerima H
a, maka dapat disimpulkan bahwa:
1. Ada pengaruh yang signifikan Emotional Quotient (EQ) terhadap hasil belajar
ekonomi siswa kelas XI SMA Negeri 4 Pematangsiantar T.A 2015/2016.
2. Ada pengaruh yang signifikan Spiritual Quotient (EQ) terhadap hasil belajar
ekonomi siswa kelas XI SMA Negeri 4 Pematangsiantar T.A 2015/2016.
3. Ada pengaruh yang signifikan Emotional Quotient (EQ) terhadap Spiritual
Quotient (EQ) siswa kelas XI SMA Negeri 4 Pematangsiantar T.A 2015/2016.
4. Ada pengaruh yang signifikan Emotional Quotient (EQ) dan Spiritual Quotient
(EQ) terhadap hasil belajar ekonomi siswa kelas XI SMA Negeri 4
Pematangsiantar T.A 2015/2016.
Kata Kunci: Emotional Quotient, Spiritual Quotient, danHasilBelajar.
Collections
- LP - Report Research [230]