PENGARUH KARAKTERISTIK PEKERJAAN TERHADAP PRODUKTIVITAS KERJA KARYAWAN PADA KANTOR CAMAT DOLOKSANGGUL
Abstract
Bagi setiap perusahaan, baik perusahaan besar maupun perusahaan kecil, produktivitas kerja karyawan merupakan bagian penting dari pelaksanaan tugas sehari-hari. Peningkatan produktivitas kerja karyawan sangat diperlukan dalam pencapaian tujuan perusahaan. Peningkatan produktivitas kerja karyawan itu sendiri dipengaruhi oleh berbagai faktor, antara lain motivasi, keterampilan latar belakang pendidikan, karakteristik pekerjaan, kedisiplinan dan sebagainya. Produktivitas merupakan ratio output fisik terhadap input fisik. Produktivitas juga dapat diartikan sebagai hubungan antara hasil nyata maupun fisik (barang dan jasa), dengan tujuan perusahaan. Misalnya saja produksi adalah ukuran efisiensi produk masukan atau output dibanding input. Masukan sering dibatasi dengan masukan tenaga kerja sedangkan keluaran dapat diukur dalam bentuk satuan fisik dalam bentuk nilai. Manfaat dari produktivitas pekerjaan terhadap perusahaan yaitu untuk melihat seberapa besar input (Tenaga Kerja) yang digunakan oleh perusahaan dibandingkan dengan output yang dihasilkan oleh perusahaan.
Faktor yang paling penting dipertimbangkan dalam perusahaan adalah masalah karakteristik pekerjaan. Karakteristik pekerjaan merupakan identifikasi beragam dimensi pekerjaan yang secara simultan (serentak) memperbaiki efisiensi organisasi dan produktivitas kerja karyawan. Perubahan karakteristik pekerjaan dapat dilakukan melalui lima inti karakteristik pekerjaan yaitu keragaman keterampilan, identitas tugas, otonomi dan umpan balik. Pada dasarnya perubahan karakteristik pekerjaan bertujuan agar pekerjaan lebih sesuai dengan keinginan, kemampuan dan keahlian karyawan dan dengan demikian karyawan akan merasa puas sehingga pada akhirnya akan meningkatkan produktivitas kerja karyawan. Manfaat karakteristik pekerjaan terhadap perusahaan yaitu untuk memperbaiki efisiensi organisasi dan produktivitas kerja karyawan menjadi lebih baik.
Perbedaan individu, dalam hal ini karyawan, akan mempengaruhi reaksi karyawan terhadap pekerjaan, orang yang satu mungkin akan merasa puas yang positif dari suatu pekerjaan, sedangkan orang yang lain tidak, yang pada akhirnya akan mempengaruhi produktivitas kerja karyawan. Akan tetapi semakin banyak aspek dalam pekerjaan yang sesuai dengan keinginan individu maka semakin tinggi tingkat kepuasan kerja sehingga akan mempengaruhi produktivitas kerja karyawan. Dimana apabila karyawan menjalankan tugasnya dengan perasaan gembira sehingga perusahaan akan dapat mencapai hasil yang diinginkan atau tujuan perusanaan.
Kantor Camat Doloksanggul Kabupaten Humbang Hasundutan merupakan perusahaan atau kantor yang memiliki banyak karyawan, dimana produktivitas kerja karyawan yang tinggi sangat diperlukan untuk dapat mencapai tujuan perusahaan. Menurut kantor atau perusahaan, produktivitas karyawan meningkat, hal itu bisa dilihat dari hasil produksi perusahaan pertahun dan laba perusahaan pertahun meningkat.
Berdasarkan uraian latar belakang di atas maka penulis tertarik untuk mengadakan penelitian dan menuangkannya dalam bentuk laporan penelitiandengan judul: “Pengaruh Karakteristik Pekerjaan terhadap Produktivitas Kerja Karyawan Kantor Camat Doloksanggul Kabupaten Humbang Hasundutan”.
Collections
- LP - Report Research [230]